Saturday, January 29, 2022
Home Nasional Pesan Jokowi ke 724 perwira TNI-Polri: Tunjukkan loyalitas kepada masyarakat

Pesan Jokowi ke 724 perwira TNI-Polri: Tunjukkan loyalitas kepada masyarakat

Presiden Joko Widodo melantik 724 perwira pertama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia Tahun 2018. Jokowi mengatakan, setelah dilantik para perwira harus menunjukkan prestasi sebagai satria yang tangguh.

“Tunjukkan loyalitas kepada masyarakat. Tunjukkan kecerdasan dan ketangkasan menghadapi perubahan zaman,” katanya saat memberikan amanat di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/7).

Dia menginginkan, para perwira menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan UUD 1945. Serta menjadi perwira yang mengabdi kepada bangsa dan mendukung kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

“Harus saudara-saudara ingat bahwa saudara-saudara adalah masa depan TNI dan Polri dan penentu reformasi institusi kalian masing-masing. Tangan kalianlah yang akan menjalankan adaptasi dan reformasi itu,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo ini menegaskan, pelantikan ini bukanlah semata upacara kenaikan pangkat sebagai perwira remaja. Melainkan bentuk peneguhan kewajiban dan tanggung jawab sebagai abdi negara.

Sebelum menutup amanat, Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada 724 perwira pertama TNI dan Polri. Jokowi berharap mereka menjalankan tugas dengan baik dan menjunjung tinggi sumpah jabatan.

“Berjanjilah untuk memberikan yang terbaik. Saatnya saudara-saudara bersimpuh kepada orang tua saudara-saudara dan berterima kasih atas segala pengorbanannya. Selamat bertugas kepada para pemuda ini. Jagalah kehormatanmu sebagai perwira TNI Polri, buatlah Indonesia jaya,” ujarnya.

724 Perwira TNI Polri yang dilantik Jokowi terdiri dari 225 Akademi Militer (Akmil), 102 Akademi Angkatan Laut (AAL), 119 Akademi Angkatan Udara (AAU), dan 278 Akademi Kepolisian (Akpol). Pelantikan ini dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istri Mufidah Kalla, Ibu Negara Iriana Jokowi, Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. [fik]

 

 

Sumber : Merdeka.com

Most Popular

Recent Comments