Monday, September 27, 2021
Home Nasional Pesan Jokowi ke Jonan, Urusan Freeport harus Untungkan Kepentingan Nasional

Pesan Jokowi ke Jonan, Urusan Freeport harus Untungkan Kepentingan Nasional

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengatakan, disepakati perpanjangan masa operasi PT Freeport di Indonesia sampai tahun 2041 adalah hasil dari perundingan dan negosiasi yang berat dan ketat antara pemerintah dengan PT Freeport.

“Setelah melalui serangkaian perundingan yang berat, akhirnya kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan final pada pertemuan hari Minggu, tanggal 27 Agustus 2017 kemarin,” ujar Jonan di Gedung Kementerian ESDM, Selasa (28/8).

Menurutnya, hasil perundingan yang berlangsung di Kementerian ESDM telah sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengedepankan kepentingan nasional, kepentingan rakyat Papua, kedaulatan negara dalam pengelolaan sumber daya alam serta menjaga iklim investasi tetap kondusif.

 

“Bapak Presiden memerintahkan kepada kami agar kesepakatan ini segera dijabarkan dan dilaksanakan serta dilaporkan kepada beliau,” jelasnya.

Dalam hal ini, Jonan yang juga merupakan Ketua Tim Perunding pemerintah mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota tim perundingan lintas kementerian dan lembaga yang telah bekerja bersama untuk mencapai kesepakatan tersebut.

“Kami akan masih meneruskan dalam satu pekan ke depan untuk merumuskan hal-hal teknis dan rinci sehingga kesepakatan ini dapat segera diimplementasikan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Komisi VII DPR RI yang telah mendukung penyelesaian yang baik ini,” pungkasnya.

 
Sumber : Pesan Jokowi ke Jonan, Urusan Freeport harus Untungkan Kepentingan Nasional
Pesan Jokowi ke Jonan, Urusan Freeport harus Untungkan Kepentingan Nasional
Jitunews

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments