Monday, October 25, 2021
Home Nasional Pesan Megawati di Peringatan Hari Lahir Bung Karno

Pesan Megawati di Peringatan Hari Lahir Bung Karno

Sejumlah tokoh hadir di acara peringatan hari lahir Soekarno dan Pancasila di pendapa makam Soekarno di Blitar pada hari Senin, tanggal 5 Juni 2017 malam. Acara tersebut dihadiri oleh para gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota, bupati, dan segenap kader yang berasal dari PDIP. Turut hadir pula Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siraj.

Dalam sambutannya, Megawati mengaku prihatin dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Menurutnya, masyarakat belum bisa berpikiran terbuka dan cenderung merasa memiliki Indonesia untuk golongannya sendiri.

“Kita melihat sebagian bangsa ini masih berpikiran sempit, sepertinya seolah ada satu kelompok saja yang memiliki Indonesia tercinta ini. Saya melihatnya seperti itu,” kata Megawati.

Megawati juga mengingatkan masyarakat untuk mengamalkan empat pilar yang sudah ada: Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. “Tanpa empat pilar yaitu NKRI, Pancasila, UUD 1945, Bineka Tunggal Ika, kalau salah satu saja goyang maka negara ini akan ikut berguncang,” ujarnya.

Megawati kemudian mengisahkan kembali sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada masa lampau. Saat itu, Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun. Bangsa Indonesia sudah berulang kali mencoba membebaskan diri dari belenggu penjajahan tersebut namun selalu gagal.

Menurut Megawati, hal itu terjadi karena bangsa Indonesia kala itu masih rentan terhadap isu perpecahan. Untuk itu, ia berharap kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa sekarang. Ia berpesan agar seluruh masyarakat saling menghormati meski berbeda suku atau agama.

“Saya sering bertanya mengapa kita bisa dijajah 350 tahun? Banyak perjuangan dari Aceh sampai Merauke tapi gagal. Itu sebabnya, karena kita mudah dipecah belah,” katanya.

Keadaan kemudian berubah setelah sosok Bung Karno hadir dan mempersatukan seluruh anak bangsa untuk meraih kemerdekaan yang telah lama dirindukan. “Baru dari situ kita merasa kita ini satu, Bhinneka Tunggal Ika. Lalu kita dapat mendeklarasikan kemerdekaan kita,” katanya lagi.

 

Sumber : Pesan Megawati di Peringatan Hari Lahir Bung Karno
Pesan Megawati di Peringatan Hari Lahir Bung Karno
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments