Sunday, May 29, 2022
Home Nasional Peserta Diskusi Dievakuasi ke Komnas HAM

Peserta Diskusi Dievakuasi ke Komnas HAM

Situasi di sekitar kantor LBH semakin memanas, hingga pukul 01.00 WIB massa masih berkumpul dan berteriak ‘usir PKI’ dan ‘ganyang PKI’.

Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Suyudi Arioseto dan Dandim Jakarta Pusat mengimbau massa untuk bubar, namun tidak diindahkan oleh massa yang jumlahnya cukup banyak.

Massa semakin rusuh, batu-batu mulai dilemparkan ke arah kantor LBH Jakarta. Polisi kemudian menggunakan tameng untuk menghadang batu. Massa semakin mengamuk dan melempari batu hingga mengenai beberapa mobil di kantor LBH.

Polisi berusaha untuk membubarkan massa. Bahkan, gas air mata mulai ditembakkan ke arah massa. Water canon yang disiapkan sejak tadi mulai dioperasikan. Sebagian massa mulai melarikan diri.

Bahkan, massa ada yang berhasil menjebol pintu gerbang sisi kiri gedung LBH. Kaca gedung juga sudah ada yang pecah karena dilempari batu.

Sedangkan di dalam kantor LBH situasi sempat tegang. Beberapa peserta aksi terpaksa dievakuasi ke lantai atas di atap kantor. Mereka khawatir massa akan menerobos kantor LBH dan menyerang para peserta.

Sekitar pukul 02.00 WIB, para peserta mulai keluar kantor dengan dibantu oleh polisi. Suasana di sekitar depan kantor LBH berangsur mulai kondusif. Namun, bentrokan antara polisi dan massa mengakibatkan puluhan mor tumbang dan satu mobil rusak. Para peserta diskusi mulai dievakuasi dengan menggunakan 3 truk polisi dan 1 bus polisi.

Polisi yang bergerak cepat juga menangkap 4 orang perusuh. Keempat orang yang babak belur tersebut langsung di masukkan ke panser Anoa.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis kemudian datang ke LBH Jakarta. Irjen Idham memastikan kondisi sudah kondusif dan aman.

“Saya ingin memberikan keyakinan kepada seluruh masyarakat Jakarta, bahwa situasi Jakarta dalam keadaan aman dan terkendali,” ujar Irjen Idham di lokasi, Senin (18/9) sekitar pukul 03.00 WIB.

“Setelah kita ketemu dengan tokoh-tokohnya, mereka semua bisa menyadari, namun setelah mereka kembali. Ada sebagian dari orang-orang ini yang memprovokasi tetap berusaha untuk merangsek masuk ke dalam kantor YLBHI. Sehingga petugas mengambil tindakan persuasif untuk mengingatkan kepada massa agar tidak melakukan tindakan anarkis dan memaksakan kehendak untuk masuk ke kantor,” terangnya.

Idham mengatakan para peserta diskusi saat ini dievakuasi ke Komnas HAM untuk mendapatkan perlindungan.

“Tadi ada Bapak Ketua Komnas HAM di sini juga, ada komisioner. Jadi kita sedang lakukan seperti itu (evakuasi),” katanya.

“Karena prinsipnya kita, bagaimana orang yang ada di dalam kantor diselamatkan, kemudian kita mengimbau massa untuk tidak melakukan perbuatan atau tindakan anarkis,” kata Idham.

 

 

 

Sumber : Peserta Diskusi Dievakuasi ke Komnas HAM
Peserta Diskusi Dievakuasi ke Komnas HAM
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments