Monday, August 2, 2021
Home Nasional Pimpinan Komisi X: Pemerintah Angkat Tangan Terhadap Nasib Ratusan Ribu Honorer K2

Pimpinan Komisi X: Pemerintah Angkat Tangan Terhadap Nasib Ratusan Ribu Honorer K2

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih, menilai, pemerintah seperti angkat tangan terhadap nasib ratusan ribu honorer kategori dua (K2) yang nasibnya tak kunjung jelas.

“Penjelasan dari para wakil menteri yang hadir mensiratkan tidak ada solusi bagi k2,” ujar Fikri usai rapat gabungan antara Komisi I, II, III, IV, VIII, IX, dan X dengan sepuluh kementerian membahas honorer K2 di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (4/6).

Menurutnya, bila Pemerintah hanya merujuk pada PP nomor 56 tahun 2012 tentang Perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah nomor 48 tahun 2005 tentang pengangkatan honorer menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil, maka urusan K2 sudah selesai.

“Tidak ada yang perlu dibahas, karena 438 ribu honorer K2 tersisa menurut PP tersebut tidak layak diangkat,” tuturnya.

Oleh karena itu, Fikri menilai bahwa pemerintah saat ini sama saja telah menyerah dengan keadaan.

“Dan membiarkan rakyat yang telah mengabdikan hidupnya untuk kemajuan bangsa, ya para guru honorer ini, tidak jelas nasibnya,” sesalnya.

Lebih jauh, Fikri mengatakan bahwa melihat dari kacamata kemanusiaan, maka para honorer, utamanya guru adalah yang paling layak mendapatkan perhatian serius.

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan banyak guru honorer yang mendapatkan imbal jasa yang minim padahal jasanya sungguh mulia didalam mencerdaskan kehidupan bangsa hingga ke pelosok-pelosok pedalaman.

“Mereka mau hanya dibayar tiga lembar lima puluh ribuan sebulan, ini saya temukan faktanya sendiri di Dapil saya,” ungkapnya.

Bahkan, kata dia, masih banyak sekolah-sekolah yang kekurangan guru pengajar. Dimana, hal ini tidak terbantahkan. Pasalnya, banyak sekali sekolah yang kekurangan guru pengajar baik yang ada di Pulau Jawa maupun di luar pulau Jawa.

“Silakan langsung terjun ke sekolah-sekolah dasar di pegunungan dan pedesaan. Tidak perlu repot ke luar Jawa, ini masih di Pulau Jawa sendiri. Mudah kita temui sekolah dasar yang tanpa guru PNS di situ, semuanya honorer,” pungkasnya.

 

Sumber : Pimpinan Komisi X: Pemerintah Angkat Tangan Terhadap Nasib Ratusan Ribu Honorer K2
Pimpinan Komisi X: Pemerintah Angkat Tangan Terhadap Nasib Ratusan Ribu Honorer K2
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments