Friday, September 24, 2021
Home Jitu News Pimpinan KPK Tanggapi Usul Penuntutan Harus Izin Kejagung

Pimpinan KPK Tanggapi Usul Penuntutan Harus Izin Kejagung

Pimpinan KPK meluruskan pernyataan Jaksa Agung HM Prasetyo yang menyinggung penuntutan KPK seharusnya seizin Kejagung.

“Untuk sementara kami kan bekerja sesuai UU KPK yang berlangsung. Kami tidak bisa berandai-andai ke depan. Selama UU seperti itu dan kami berterima kasih terus ke Kejagung yang selalu mengirimkan jaksa bertugas di KPK,” kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif di gedung DPR, Senin (11/9).

Jaksa Agung membandingkan KPK dengan lembaga antirasuah di luar negeri. Syarif mengatakan soal fungsi dan kewenangan penuntutan tidak berdampak pada Indeks Persepsi Korupsi (IPK) suatu negara.

“Itu tidak ada hubungannya dengan IPK. Indeks persepsi korupsi itu tidak ditentukan dengan digabungkan penyidikan dan penuntutan, itu kualitas pelayanan publik di Indonesia,” ujarnya.

Syarif kemudian menjelaskan lembaga pemberantasan korupsi di negara Singapura dan Malaysia.

“Singapura itu bukan karena dipisah itu, bahkan di Malaysian Anti Corruption Commission, tu ada perwakilan jaksa. Nanti ketika MAK Malaysia mulai menyidik Perdana Menteri sekarang, maka wakil jaksa itu ditarik. Ada juga contoh lain yang digabung antara penyidik dan penuntutannya. SFO di New Zealand. Dia IPK-nya top ten,” kata Syarif.

Sebelumnya, Jaksa Agung HM Prasetyo memberi usulan kewenangan penuntutan KPK harus mendapat izin dari Kejagung. Prasetyo kemudian membandingkan kewenangan tersebut di negara lain, seperti Singapura dan Malaysia.

“Kewenangan dari biro antikorupsi Singapura maupun Malaysia terbatas pada fungsi penyelidikan dan penyidikan saja dan meskipun Malaysia memiliki divisi penuntutan, tapi harus tetap mendapat izin dari Kejaksaan Agung Malaysia,” kata Prasetyo dalam rapat dengan Komisi III, Senin (11/9).

Sumber : Pimpinan KPK Tanggapi Usul Penuntutan Harus Izin Kejagung
Pimpinan KPK Tanggapi Usul Penuntutan Harus Izin Kejagung
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments