Sunday, November 28, 2021
Home ENERGI UMUM PLN Gandeng Waskita Karya Garap Tol Listrik di Sumatera

PLN Gandeng Waskita Karya Garap Tol Listrik di Sumatera

PT PLN (Persero) bersama PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah menandatangani kontrak pembangunan Tol Listrik Muara Enim – New Aur Duri bertransmisi 500 kilo volt (KV) sepanjang 554 kilometer sirkit (kms) di Sumatera.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, dan Direktur Utama Waskita Karya, M. Choliq disaksikan Menteri BUMN, Rini Soemarno.

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk sinergi antar BUMN dalam membangun infrastruktur kelistrikan di Indonesia.

“Ini bagian dari pembangunan 46.000 kms jaringan transmisi yang ditandatangani. Jalur transmisi Muara Enim-New Aurduri ini juga sekaligus bagian dari tol listrik 5.364 kms di lintasan Sumatera,” kata Sofyan di kantornya, Jakarta, Jumat (7/7).

Sofyan menilai, pembangunan jaringan transmisi 500 kV ini sangat penting sebagai penyangga jaringan transmisi yang lebih kecil, seperti 250 kV, 150 kV, 70 kV, hingga 20 kV.

“Ini jantungnya, ini urat darahnya, ini yang penting. Sebelum listrik dialihkan dari pembangkit, ini harus jadi lebih dulu,” jelasnya.

Nantinya, lanjut Sofyan, jaringan utama transmisi ini akan menyangga produksi listrik dari pembangkit Listrik Mulut Tambang di Sumatera Selatan sebesar 3.000 MW.

Selain itu, proyek ini juga mencakup pekerjaan konstruksi pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV Sumatera Jalur Muara Enim-New Aurduri (Sumatera Selatan-Jambi), pendanaan, pembebasan lahan dan right of way (ROW), perizinan serta studi Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL).

Proyek yang pembangunannya akan dilaksanakan dalam kurun waktu tiga tahun ini, diketahui memakan biaya lebih dari Rp 3 triliun. Dan pada awal 2019 nanti, ditargetkan sudah bisa tercapai 19.000 kms.

“Mudah-mudahan awal 2019, kita bisa capai total 19.000 kilometer sirkit itu. 500 kV, 275 kV, 150 kV, 70 kV, sampai 20 kV ke masyarakat harus jadi,” paparnya.

 

Sumber : PLN Gandeng Waskita Karya Garap Tol Listrik di Sumatera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments