Monday, August 2, 2021
Home ENERGI UMUM PLN Maluku Papua Gandeng Mahasiswa Pencinta Alam dan TNI, Buat Apa?

PLN Maluku Papua Gandeng Mahasiswa Pencinta Alam dan TNI, Buat Apa?

PT PLN (Persero) menggandeng Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) dan TNI, untuk meningkatkan penyebaran listrik di wilayah ter‎luar, terdepan, dan tertinggal (3T) Maluku dan Papua.

Direktur Bisnis Regional PLN Maluku Papua, ‎Ahmad Rofik, mengatakan, alasan pihaknya menggaet Mapala dan TNI tersebut adalah guna membantu melistriki wilayah 3 T terletak di Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Pasalnya, PLN kerap menghadapi kesulitan medan yang berat untuk ditempuh.‎

Adapun, PLN menggandeng Mapala dari lima universitas negeri, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Tekonologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, dan Universitas Cendrawasih.

“Dalam rangka eletrifikasi desa kita bekerja sama dengan Mapala UGM, UI, ITB, kemudian ITS dan Uncen,” kata Rofik, di Jakarta, Rabu (23/5).

Rofik menjelaskan, nantinya, Mapala tersebut akan diajak untuk memetakan pembangunan pembangkit listrik, menggunakan sumber energi yang sesuai‎ dengan potensi yang ada di masing-masing wilayah. Dengan begitu, pembangkitan listrik akan lebih efisien.

“Memanfaatkan sumber daya lokal, kita manfaatkan karena kita terbatas sumber daya manusianya mengidentifikasi itu. Apakah ada sungai atau tidak, pilihan terakhir diesel,” papar dia.

Sementara itu, untuk TNI, kata Rofik, bertugas untuk pengawalan dan mobilisasi di pulau terluar dan terdepan, serta untuk membangun konstruksi‎ jaringan kelistrikan oleh Satuan Zeni TNI.

“Karena daerah sulit kita koordinasi dengan TNI, karena ada pulau terluar kita koordinasi dengan Lantamal. Kita butuh juga kontraktor yang banyak kita butuh bantuan Zeni membuat jaringan di pelosok desa. Ini dalam rangka melistriki daerah 3T,” ujarnya.

Ia lantas mengungkapkan, kerja sama tersebut akan tertuang dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dan dieksekusi pada tahun ini.

‎”Kami bersama -sama mengidentifikasi data desa di sana nanti cocoknya tipenya seperti apa, koordinasi sudah kita mulai MOU tahun ini,” tuntasnya.

Sumber : PLN Maluku Papua Gandeng Mahasiswa Pencinta Alam dan TNI, Buat Apa?
PLN Maluku Papua Gandeng Mahasiswa Pencinta Alam dan TNI, Buat Apa?
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments