Wednesday, July 28, 2021
Home ENERGI UMUM PLN: Penggunaan BBM dalam Proyek Kelistrikan Terus Turun

PLN: Penggunaan BBM dalam Proyek Kelistrikan Terus Turun

Direktur Perencanaan Korporat PLN, Syofvi Felienty Roekman, mengungkapkan, penggunaan BBM untuk kegiatan pembangkitan listrik terus menurun.

Hal ini sejalan dengan target penurunan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk pembangkit listrik mencapai 0,4 persen pada tahun 2025.

“Kami terus mengurangi penggunaan BBM, pembangkit diesel kita kurangi,” tutur Syofvi saat acara Desiminasi RUPTL PLN 2018-2027, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Kamis (22/3).

Tercatat, porsi BBM dalam bauran energi pembangkitan listrik di tahun ini mencapai 4,2 persen atau 3 ribu kilo liter (kl), menurun dari tahun 2017 sebesar 5,99 persen.

Syofvy menuturkan, hal ini diakibatkan oleh beroperasinya pembangkit dengan bahan bakar yang lebih efisien, sehingga mengurangi penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

‎”Konsumsi BBM 5,99 tahun ini 4,2 persen. Kita melihat seperti ini,” ujar dia.

Syofvi pun melanjukan, porsi penggunaan BBM akan terus menurun sampai 2025 tinggal 0,4 persen atau ‎500 kl. Penurunan tersebut digantikan dengan pembangkit jenis Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan porsi sebesar 23 persen pada 2025.

“Kemudian sampai 2025 hanya tinggal 0,4 persen untuk daerah 3 T (terluar, terdepan dan terpencil) kita memang tidak punya pilihan (menggunakan selain BBM),” tandas Syofvi, dikutip dari Liputan6com.

 

Sumber : PLN: Penggunaan BBM dalam Proyek Kelistrikan Terus Turun
PLN: Penggunaan BBM dalam Proyek Kelistrikan Terus Turun
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments