Sunday, November 28, 2021
Home NASIONAL UMUM Polemik Patung di Tuban Seret Nama Zulkifli Hasan, Ini Kata PAN Jatim

Polemik Patung di Tuban Seret Nama Zulkifli Hasan, Ini Kata PAN Jatim

Belum lama ini, sebuah patung Dewa Perang asal Tiongkok, Kong Co Kwan Sie Teee Koen, di Kelenteng Kwan Swie Bio, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menjadi pembicaraan publik lantaran keberadaannya yang menuai protes dari sekelompok orang.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kabupaten Tuban pun telah menutup patung raksasa setinggi 30 meter lebih tersebut dengan kain putih dari bagian atas hingga bawahnya.

Patung raksasa tersebut diresmikan pada bulan Juli 2017 lalu dan diklaim sebagai patung dewa terbesar se-Asia Tenggara.

Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Jatim, Agus Maimun, yang kediamannya tidak jauh dari lokasi Kelenteng, turut angkat bicara. Ia meminta agar polemik patung tersebut tidak terlalu dibesar-besarkan.

“Saya dan warga masyarakat di sekitar tidak pernah membahas masalah patung tersebut. Warga Tuban juga tidak ingin ada masalah,” kata Agus, Senin (7/8).

Menurutnya, pendirian patung tersebut merupakan hak pengurus Kelenteng yang harus dihormati sebagai salah satu bentuk keragaman Indonesia. “Tidak perlu diusik-usik,” katanya lagi.

Sementara itu, terkait anggapan bahwa Ketua Umum PAN sekaligus Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, yang meresmikan patung tersebut, Amin pun membantahnya.

Menurutnya, Zulkifli dalam kapasitasnya sebagai ketua MPR, saat itu memang datang ke Kelenteng Kwan Swie Bio untuk menghadiri ulang tahun yayasan Kelenteng, bukan untuk meresmikan patung tersebut.

“Di situ juga banyak tokoh-tokoh agama dan pemerintahan yang lain,” ujarnya.

 

Sumber : Polemik Patung di Tuban Seret Nama Zulkifli Hasan, Ini Kata PAN Jatim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments