Saturday, May 28, 2022
Home Nasional Polisi Telusuri Jejak Digital untuk Cari Tahu Orang yang Terlibat Saracen

Polisi Telusuri Jejak Digital untuk Cari Tahu Orang yang Terlibat Saracen

Asma Dewi, tersangka ujaran kebencian berisi SARA dan juga diduga mengirim uang ke kelompok Saracen sebesar Rp 75 juta.

Kabagpenum Divhumas Mabes POlri, Kombes Pol Martinus Sitompul mengaku pihaknya masih melakukan penelusuran terkait keterlibatan Dewi dengan Saracen. Uang Rp 75 juta yang transfer oleh Dewi ke kelompok Saracen merupakan hasil dari jejak digital.

“Fakta-fakta yang diperoleh penyidik itu masih sebatas pada postingan. Adapun soal jumlah uang, soal transfer, ngelink ke siapa masih dicari satu-satu. (Pengungkapan) AD hasil pengungkapan jejak digital yang dimiliki,” jelas Martinus di Mabes Polri, Rabu (13/9).

 

Penyidik akan mencari orang-orang yang terlibat Saracen dari akun media sosial milik Saracen yang memiliki jutaan pengikut.

“Ini yang sedang dikerjakan. Kalau mau secepatnya dibuka, terbatas waktunya. Karena satu-satu dilihat penyidik jejak digitalnya,” katanya.

Martinus mengaku mengalami kesulitan untuk mengetahui siapa saja yang terlibat dengan Saracen karena hingga saat ini penyidik belum menerima Laporan Hasil Analisis (LHA) dari PPATK.

“Mungkin PPATK punya kesulitan yang kita tidak tahu, misalnya PPATK meminta data dari bank, melacaknya. Ini kan kendala yang kemudian tidak cepat kita buka ke publik apa saja fakta hukum dan peristiwa satu-satu bisa terurai,” ujarnya.

“Jadi memang terbatas dan tidak penuh menyampaikan. Memang faktanya bahwa peristiwa terkait Saracen harus digali satu per satu, harus ditemukan fakta hukum, nanti dikorelasikan dengan hasil PPATK,” pungkasnya.

Sumber : Polisi Telusuri Jejak Digital untuk Cari Tahu Orang yang Terlibat Saracen
Polisi Telusuri Jejak Digital untuk Cari Tahu Orang yang Terlibat Saracen
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments