Friday, September 24, 2021
Home Jitu News Polri Tidak Mempermasalahkan Penolakan Kejagung untuk Gabung Densus Antikorupsi

Polri Tidak Mempermasalahkan Penolakan Kejagung untuk Gabung Densus Antikorupsi

Kejaksaan Agung menolak mengirimkan jaksanya ke Densus Antikorupsi Polri. Polri tidak mempermasalahkan penolakan dari Kejagung tersebut.

Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto mengatakan saat ini pihaknya tengah fokus untuk merealisasikan pembentukan densus.

“Ya nggak apa-apa. Sekarang kan kita juga punya Dittipikor (Direktorat Tindak Pidana Korupsi), Dittipikor cuma dinaikan dengan kekuatan lebih besar dan dikendalikan Kapolri, lebih efektif. Kalau jaksa nggak mau terlibat, nggak apa-apa. (Keterlibatan jaksa) masalah teknis,” kata Setyo di gedung Divisi Humas Polri, Senin (11/9).

Penolakan tersebut mengartikan proses penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi tidak akan berubah, yakni polisi tetap harus melakukan pelimpahan berkas ke Kejaksaan Agung.

“Iya (prosesnya) sama dengan Dittipikor. Sekarang Dittipikor juga sudah ada, dan kita juga menyelaraskan dengan kejaksaan,” jelas Setyo.

Jaksa Agung HM Prasetyo menolak Kejagung bergabung dengan Densus Penegakan Tindak Pidana Korupsi. Prasetyo mengatakan, Densus Tipikor akan menimbulkan tumpang tindih kewenangan dengan lembaga penegak hukum lainnya.

“Saya ingin sampaikan bahwa kejaksaan dan jaksa tidak selayaknya ditarik untuk bergabung dalam lembaga baru Polri tersebut karena dengan demikian akan mengurangi independensi masing-masing penegak hukum. Kami khawatir dengan adanya tumpang tindih dan terdegradasi satu sama lain institusi penegak hukum yang ada,” terang Prasetyo di gedung DPR, Senin (11/9).

 

 

 

 

 

 
Sumber : Polri Tidak Mempermasalahkan Penolakan Kejagung untuk Gabung Densus Antikorupsi
Polri Tidak Mempermasalahkan Penolakan Kejagung untuk Gabung Densus Antikorupsi
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments