Positif Terjangkit Corona, Walikota Bogor Jalani Isolasi Di RSUD Kota Bogor

0
77

Bogor, Harmoni Media — Walikota Bogor, Bima Arya, dinyatakan positif terjangkit Virus Corona atau Covid-19. Hal tersebut dinyatakan positif setelah Bima Arya menerima hasil tes SWAB yang menunjukkan bahwa Bima Arya positif Covid-19, pada hari Kamis sore, (19/3).

Tes terhadap kondisi kesehatan Bima Arya itu sendiri dilaksanakan di Rumah Sakit Bogor Senior Hospital, pada Selasa (17/3), sekembalinya Walikota dari kunjungan kerjanya di luar negeri.

Demikian informasi yang dihimpun redaksi harmonimedia.com, berdasarkan keterangan pers dari Juru Bicara (Jubir) Pemkot Bogor Untuk Siaga Corona Kota Bogor, Jumat (20/3).

Diketahui sebelumnya, Bima Arya bersama 4 jajarannya, termasuk istri Bima Arya, Yane Ardian baru saja melakukan kunjungan dinas ke Turki dan Azerbaijan selama 8 hari dimulai sejak 8-15 Maret 2020.

Selama di Turki dan Azerbaijan, Bima dan rombongan mengunjungi Mall Pelayanan Publik terbaik di dunia yang menjadi rujukan Indonesia. Bima juga melakukan kerjasama di bidang wisata dan pertanian.

Setelah pulang ke Indonesia, Bima Arya berstatus sebagai orang dalam pemantauan (ODP). Usai melalui rangkaian pemeriksaan medis di Rumah Sakit Bogor Senior, Bima Arya dan seorang pejabat Pemkot Bogor dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

“Selain Walikota Bogor, hasil tes juga menyatakan salah satu pejabat Pemkot lain juga positif COVID-19, sedangkan tiga anggota rombongan yang lain dinyatakan negatif. Setelah dinyatakan positif, Walikota dan pejabat yang dimaksud selanjutnya menjalani proses isolasi di RSUD Kota Bogor sejak Kamis malam (19/3) selama minimal 14 hari ke depan,” jelas
dr. Sri Nowo Retno, MARS Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Selanjutnya, Bima Arya mempercayakan sepenuhnya penanganan masa isolasi dirinya di RSUD Kota Bogor, karena Rumah Sakit tetsebut sudah sangat siap untuk merawat pasien COVID-19. RSUD Bogor memang sejak jauh-jauh hari telah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk mengantisipasi wabah COVID-19 di Kota Bogor.

Selain itu, Bima juga telah melaporkan kepada Gubernur Jawa Barat, Menteri Sekretaris Negara dan Menteri Dalam Negeri melalui saluran telepon terkait dengan kondisinya. Bima mengatakan, jalannya pemerintahan untuk sementara akan diambil alih oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim.

“Saya juga mempercayakan penanganan dari covid 19 di Kota Bogor ini pada wakil walikota Kang Dedi beserta seluruh jajaran Pemkot yang insya Allah akan terus bekerja keras secara maksimal,” tuturnya.

Bima Arya menghimbau kepada seluruh warga Bogor dan publik secara luas untuk terus waspada, betul-betul menjaga kesehatan dan selalu berhati-hati dalam tawakal dan munajat kepada Yang Maha Kuasa. Bima Arya juga mendoakan kesembuhan seluruh pasien lain dimanapun berada yang saat ini sedang dirawat, agar dapat segera pulih dan beraktivitas kembali, juga mendoakan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya dan terkhusus bagi seluruh warga kota Bogor agar selalu diberi kesehatan dan keselamatan.

“Warga Bogor, COVID-19 ini bisa mengenai siapa saja tetapi juga sudah banyak juga yang sembuh dari virus ini jadi Tetap optimis, selalu juga berhati-hati, jaga jarak, saya minta doanya kepada semuanya ini cobaan bagi saya dan keluarga insya Allah kita dikuatkan dan saya juga mendoakan kepada seluruh warga Bogor untuk diberikan kesehatan oleh Allah SWT,” ujar Bima.

Sebagai catatan, saat ini warga Kota Bogor dapat memperolah informasi terkini tentang COVID-19 dan dapat diakses di :
www.covid19.kotabogor.go.id

(idj/idj)