Saturday, October 16, 2021
Home Nasional Posko Angkutan Lebaran Resmi Ditutup Hari Ini

Posko Angkutan Lebaran Resmi Ditutup Hari Ini

Posko Angkutan Lebaran terpadu 2017 secara resmi ditutup. Penutupan langsung dipimpin oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang juga dihadiri pihak-pihak terkait yang telah menyukseskan mudik lebaran seperti PolriBasarnas, BUMN, Orari, dan Kepala Dinas Perhubungan.

Pada kesempatan itu, Menhub menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pihak-pihak terkait tersebut.

“Terima kasih dan penghargaan atas kerja sama dan partisipasi aktif kementerian dan lembaga terkait serta pemerintah daerah. Saya menyatakan Posko Angkutan Lebaran secara resmi ditutup,” demikian ucap Budi saat memimpin upacara penutupan posko lebaran di Kementerian Perhubungan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (4/6).

Budaya mudik diakui Budi tidak mungkin bisa dibatasi apa lagi dilarang. Mengingat, mudik mengandung nilai sosial dan kemanusiaan yang berjalan turun temurun.

“Maka yang bisa dibatasi dan diatur adalah pola pergerakan kendaraan dengan manajemen dan rekayasa lalu lintas,” ujar Budi.

Agar tradisi mudik bisa berjalan baik, Kemenhub dan mitra kerjanya harus senantiasa berupaya melakukan perencanaan yang baik, mengontrol setiap fasilitas yang ada dan menyiapkan serta membangun fasilitas pendukung mudik seperti rest area, pos kesehatan, dll.

Tak ketinggalan sosialisasi kesiapan jalan nasional dan jalur alternatif juga menjadi pekerjaan rumah menjelang dan saat mudik hingga arus balik.

“Jalanan memang tidak dirancang untuk menampung volume kendaraan sebanyak waktu mudik. Sehingga, masih terjadi kemacetan di Nagrek, Brebes, Cikarang Utama, dan Aji Barang. Untuk itu, saya minta maaf. Tapi kami telah berusaha,” kata Budi.

Meski Posko Angkutan Lebaran Terpadu telah ditutup, namun tugas Dirjen Perhubungan Udara dan Laut belum selesai. Arus balik melalui kedua jalur itu masih terus berlangsung.

“Dirjen Udara dan Laut, pekerjaannya belum selesai ya, tetap piket dan pantau melalui video conference,” kata Budi.

 

Sumber : Posko Angkutan Lebaran Resmi Ditutup Hari Ini
Posko Angkutan Lebaran Resmi Ditutup Hari Ini
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments