Saturday, July 31, 2021
Home Jitu News Potret Pesan di Layar Untuk Laporkan Penipuan!

Potret Pesan di Layar Untuk Laporkan Penipuan!

Tren penipuan melalui layananan pesan singkat (SMS) beberapa tahun ini marak terjadi.

Penipuan melalui layanan pesan singkat memiliki berbagai macam modus, mulai dari pengumuman bahwa Anda memenangkan undian berhadiah yang tak pernah Anda ikuti hingga arahan untuk mengirimkan sejumlah uang kepada nomor rekening tertentu. Saaat ini, untuk jenis penipuan melalui SMS yang meminta Anda mengirimkan uang dengan transfer ke rekening yang telah tertera, = pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menanggapinya dengan serius.

Kepala Departemen Perlindungan Konsumen Anto Prabowo menghimbau dan meminta masyarakat untuk melaporkan kepada otoritas (OJK –red)  jika menerima SMS penipuan dengan kedok meminta transfer ke nomor rekening tertentu.Anto mengungkapkan, Anda hanya perlu memotret layar atau screen capture SMS tersebut, kemudian dikirim ke OJK melalui surel dengan alamat konsumen@ojk.go.id.

 

Menurut Anto, setiap laporan masyarakat yang ditujukan kepada OJK soal SMS penipuan seperti itu dapat mencegah orang lain tertipu . “Kalau ada yang masih terima (SMS) seperti ini, tolong di-screen capture supaya OJK bisa kerja sama dengan bank untuk blokir sementara rekening tersebut,” kata Anto,

Selain itu, masyarakat juga bisa menghubungi layanan konsumen OJK melalui nomor 1-500-655.

 

 

@jitunews http://jitunews.com/read/57541/potret-pesan-di-layar-untuk-laporkan-penipuan#ixzz4fQQ6jKhX

Most Popular

Recent Comments