Tuesday, August 3, 2021
Home Nasional PPP Sayangkan Peringatan Hari Buruh Berbau Politik

PPP Sayangkan Peringatan Hari Buruh Berbau Politik

Ketua Fraksi PPP DPR RI, Reni Marlinawati menyebut peringatan hari buruh internasional yang jatuh pada 1 Mei dicederai dengan sejumlah peristiwa diluar peringatan hari buruh dan justru diisi dengaan urusan politik.

“Peringatan hari buruh internasional pada 1 Mei 2018 ini dicederai dengan sejumlah peristiwa yang keluar dari semangat awal peringatan hari buruh yang menjadi libur nasional. Demonstrasi yang diisi dengan urusan politik praktis seperti kampanye #2019GantiPresiden jelas keluar dari hakikat peringatan hari buruh ini,” ujar Reni dalam keterangan tertulis, Selasa (1/5).

“Kami menyesalkan, peringatan hari buruh yang semestinya menjadi ajang reflektif sekaligus korektif atas kebijakan di sektor ketenagakerjaan menjadi missleading keluar konteks,” lanjutnya.

Selain itu, di beberapa daerah aksi demonstrasi terjadi ketegangan. Seharusnya para demonstran bisa menahan diri.

“Selain itu, di sejumlah titik aksi demonstrasi terjadi ketegangan seperti yang terjadi di Yogyakarta, Makassar, serta demonstran yang membawa kembang api di depan Istana semestinya tidak perlu terjadi,” katanya.

“Kami menyesalkan tindakan kekerasan yang terjadi dalam peringatan hari buruh internasional ini. Semestinya, para demonstran dapat menahan diri, tindakan kekerasan hanya menjauhkan dari niat awal peringatan hari buruh ini,” ungkapnya.

Walau begitu, Reni mengapresiasi rekan-rekan buruh dan pekerja yang memperingati hari buruh ini dengan baik.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada para buruh dalam peringatan hari buruh ini agar dapat menjadi momentum penting bagi seluruh stakeholder buruh, pemerintah dan pengusaha untuk duduk bersama menyamakan pandangan demi kemajuan sistem ketenagakerjaan di Indonesia,” katanya.

Menanggapi, sejumlah aspirasi yang muncul dalam peringatan hari buruh ini seperti tuntutan perubahan PP No 78 Tahun 2015 tentang pengupahan, Reni akan menyampaikannya dalam kerja konstitusional di DPR bersama pemerintah. Supaya aspirasi dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah.

Sumber : PPP Sayangkan Peringatan Hari Buruh Berbau Politik
PPP Sayangkan Peringatan Hari Buruh Berbau Politik
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments