Tuesday, August 3, 2021
Home MINYAK & GAS Presiden IPA Beberkan Tiga Tantangan Bisnis Migas Saat Ini, Apa Saja?

Presiden IPA Beberkan Tiga Tantangan Bisnis Migas Saat Ini, Apa Saja?

Presiden Indonesian Petroleum Association (IPA), Ronald Gunawan, menilai, dinamika di industri minyak dan gas (migas) dunia dalam empat tahun terakhir menuntut stakeholder menyesuaikan diri.

Menurutnya, pemerintah sebagai regulator, harus merevisi bahkan menghapus sejumlah aturan. Sementara di sisi lain, perusahaan migas harus meningkatkan efisiensi kegiatan produksi.

“Kami menilai, sektor hulu migas Indonesia masih sangat menarik, karena kami bisa merasakan adanya kesamaan fokus demi memperbaiki daya saing investasi hulu migas tanah air di mata investor global,” papar Ronald, akhir pekan lalu.

Lebih jauh, Ronald mengungkapkan, sedikitnya ada tiga isu yang menjadi tantangan perusahaan migas saat ini.

“Pertama, perkembangan teknologi informasi hingga perkembangan terkini dari teknologi operasional dan model bisnis yang tepat untuk sektor hulu migas. Kedua, efisiensi saat menghadapi krisis. Dan ketiga, peta kompetisi investasi industri migas global,” bebernya.

Ia lantas melanjutkan, salah satu hal yang menjadi concern adalah terkait perlunya pembagian tanggung jawab antara investor dan pemerintah dalam mendorong investasi dan pertumbuhan industri migas.

Sebagai contoh, investor bisa menawarkan kemampuan dalam hal teknis dan finansial, pengalaman secara global, hingga pembangunan kapasitas.

“Pemerintah bisa menyediakan iklim investasi yang mendukung dan stabil, serta regulasi yang efisien,” ungkapnya, dikutip dari kontan.co.id.

Misalnya, IPA mengumpulkan para pemangku kepentingan dalam industri hulu migas. Termasuk pembuat kebijakan, pemerintah, investor dan sektor penunjang industri migas untuk mendorong lebih banyak investasi ke Indonesia.

Sumber : Presiden IPA Beberkan Tiga Tantangan Bisnis Migas Saat Ini, Apa Saja?
Presiden IPA Beberkan Tiga Tantangan Bisnis Migas Saat Ini, Apa Saja?
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments