Friday, September 24, 2021
Home AKADEMISI Presiden Minta Guru Tanamkan Jiwa Sosial kepada Anak Didik

Presiden Minta Guru Tanamkan Jiwa Sosial kepada Anak Didik

Presiden Joko Widodo menyebut pendidikan anak tidak hanya diberikan di dalam ruang kelas. Namun, bisa dilakukan di luar sekolah dengan hal-hal yang berkaitan dengan jiwa kemanusiaan dan kebaikan.

Siswa memang kerap kali mendapatkan pekerjaan rumah atau biasa disebut PR. Biasanya PR yang diberikan oleh guru berkaitan dengan pelajaran sekolah. Namun, Jokowi menyebut PR yang diberikan tidak harus berupa soal pelajaran.

“PR tidak hanya soal matematika,” kata Jokowi pada Rakor Pimnas 2017 PGRI di Hotel Sahid Jaya, Sleman, DIY, Sabtu (22/7).

Kepada para ribuan guru yang hadir, Jokowi meminta para guru juga memberikan PR kepada siswa-siswanya yang berkaitan dengan jiwa sosial. Jokowi memberi contoh dengan berempati kepada teman yang sakit, mengikuti kegiatan di kampung.

“Misal menengok tetangganya yang sakit, itu PR-nya, menengok kawannya yang sakit. Kerja bakti di kampuung, anak-anak kita suruh ikut. Ambil gambarnya untuk diberikan pada bapak dan ibu guru. Bisa kita berikan,” ujarnya.

Presiden menyebut dengan memberikan PR yang berkaitan dengan hal-hal sosial merupakan pendidikan karakter yang baik untuk ditanamkan kepada anak didik. Menurutnya, pendidikan karakter penting untuk membentuk etos kerja, kejujuran, integritas, dan kerja keras.

 
Sumber : Presiden Minta Guru Tanamkan Jiwa Sosial kepada Anak Didik
Presiden Minta Guru Tanamkan Jiwa Sosial kepada Anak Didik
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments