Friday, July 30, 2021
Home Jitu News Proses Sertifikasi Halal oleh MUI Masih Berlanjut Hingga 2019

Proses Sertifikasi Halal oleh MUI Masih Berlanjut Hingga 2019

Sebanyak 33 LPPOM MUI Provinsi Indonesia mengikuti acara Rakornas LPPOM MUI yang telah dibuka pada hari Rabu (5/4/2107). Salah satu yang menjadi agenda utama dalam Rakornas tersebut adalah persiapan menuju disahkannya UU Jaminan Produk Halal yang rencananya akan mulai berlaku pada tahun 2019 mendatang.

Direktur Lembaga Pengakjian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Lukmanul Hakim, mengatakan sertifikasi halal yang telah dikeluarkan MUI masih akan tetap berlaku.

“Jadi selama Badan (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) belum aktif, sertifikat yang sudah dikeluarkan sebelumnya tetap berlaku. Sertifikat itu akan diterbitkan kembali oleh Badan ketika masa aktif sertifikat itu habis dan akan diperpanjang kembali,” kata Lukman di Hotel Royal Pajajaran, Bogor, Rabu (5/4).

Pernyataan Lukmanul tersebut berkaitan dengan kesalahan persepsi oleh banyak perusahaan yang mengira pengeluaran sertifikat halal sudah berpindah dari MUI ke BPJPH.

“Jadi, banyak perusahaan dari luar negeri yang menahan diri. Seperti kemarin itu produk dari Korea, Taiwan, Filipina. Mereka mengira sertifikasi itu sudah tidak di MUI lagi, mereka bingung ke mana bikin sertifikat halalnya,” katanya lagi.

BPJPH, lanjut Lukmanul, baru akan aktif pada 2019 mendatang, sehingga ia meminta proses sertifikasi halal tetap dilakukan sebagaimana biasanya.

@jitunews http://jitunews.com/read/56334/proses-sertifikasi-halal-oleh-mui-masih-berlanjut-hingga-2019#ixzz4dXGzX6Fp

Most Popular

Recent Comments