Puan Ingin Akuntabilitas Asian Games 2018 Terjaga

0
585

Dalam penjelasannya usai rapat terbatas (Ratas) persiapan sukses prestasi penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 dengan Wapres Jusuf Kalla, KOI, dan beberapa Menteri lainnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, menuturkan bahwasanya BLU (Badan Layanan Umum) sangat diperlukan mengingat sisa waktu persiapan Asian Games sendiri tinggal 17 bulan.

“Ada beberapa hal atau banyak hal yang memang pertimbangan waktunya karena tinggal 17 bulan lagi, tanpa mengurangi akuntabilitasnya memang harus segera dilakukan BLU. Namun, tentu saja akuntabilitas ini harus tetap dijaga. Maka dalam melakukan hal tersebut ada pendampingan dari LKPP, BPKP, Kemenkeu untuk bisa memakai BLU. Karena ini kalau semuanya pakai sistem lelang atau masuk ke mekanisme normal, sisa 17 bulan ini tidak akan cukup untuk melakukan beberapa hal yang dimana seharusnya ada percepatan,” ujar Menteri Puan kepada wartawan di Kantor KOI, Jakarta Pusat, Jumat (25/3).

Puan juga mengatakan bahwa percepatan yang dimaksud adalah hal-hal yang bersifat urgent.

 

“Tadi sudah dimintakan kepada Kemenkeu juga Inasgoc, untuk kemudian yang pertama itu memberikan dulu hal apa saja yang dibutuhkan secara urgent sehingga membutuhkan BLU. Kemudian yang kedua, itu tentu saja akuntabilitas. Jadi memang ada beberapa kriteria yang tadi disampaikan oleh Dirjen Anggaran untuk bisa memakai BLU. Tentu saja setelah diperhatikan oleh BPKP dan LKPP. Untuk teknisnya mungkin bisa langsung ditanyakan pada Pak Erick (Tohir),” paparnya.

Setelah dikaji, lanjut Puan, sudah ditetapkan tim untuk melakukan hal ini secara teknis yaitu dari Kemenkeu, Kemenpora, LKPP, BPKP, dan Inasgoc untuk bisa memberikan laporannya apa saja hal-hal yang berkaitan dengan mekanisme BLU.

Puan juga mengingatkan soal akuntabilitas ini harus dijaga seperti arahan Wapres.

“Jangan sampai Asian Games 2018 ini banyak hal yang berkaitan dengan akuntabilitasnya itu menyandera atau bahkan membuat kita semua menjadi bermasalah,” pungkasnya.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55619/puan-ingin-akuntabilitas-asian-games-2018-terjaga#ixzz4cUrlWsTv