Tuesday, July 27, 2021
Home Nasional Puncak Arus Mudik Angkutan Penyeberangan Diprediksi H-3

Puncak Arus Mudik Angkutan Penyeberangan Diprediksi H-3

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memperkirakan puncak arus mudik tahun 2017 untuk angkutan penyeberangan terjadi pada H-3 dan H-2. Kepadatan penumpang akan terjadi di tujuh lintasan penyeberangan utama yang dipantau secara nasional.

PLT Corporate Secretary PT ASDP Indonesia, Ferry Kusnadi C Wijaya, mengatakan arus mudik penumpang akan melewati tujuh lintasan utama penyeberangan yang terpantau secara nasional. Yakni, Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Panajam-Kariangau, Bajoe-Kolaka, dan Tanjung Kelian-Tanjung Api-Api.

“Dengan persiapan matang dan kapasitas yang memadai, kami harapkan layanan penyeberangan selama mudik lebaran 2017 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan selamat,” ujarnya, Senin (5/6).

ASDP memperkirakan jumlah penumpang penyeberangan selama musim mudik lebaran tahun 2017 mencapai 4,95 juta orang seluruh penumpang akan diangkut dengan 191 unit kapal roro, dan tersedia 42 unit dermaga.

“Kami mengimbau kepada pengguna jasa agar menjaga stamina dan mempersiapkan waktu keberangkatan dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Pelabuhan Merak menjadi salah satu titik perhatian utama dalam mudik lebaran. Karena lintasan Merak-Bakauheni menjadi jalur utama dan tersibuk yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera. Saat arus mudik, tercatat ada 32 kapal serta total 6 dermaga yang akan beroperasi selama lebaran mendatang.

Adapun kapasitas terpasang di pelabuhan Merak untuk penumpang mencapai 159.120 orang, kendaraan roda dua mencapai 27.200 unit, dan kendaraan roda empat plus bus mencapai 17.544 unit.

“Untuk penumpang walau ada lonjakan sedikit, kami optimis sarana dan prasarana yang ada tetap memadai,” katanya.

 

Sumber : Puncak Arus Mudik Angkutan Penyeberangan Diprediksi H-3
Puncak Arus Mudik Angkutan Penyeberangan Diprediksi H-3
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments