PUSHIDROSAL GELAR SARASEHAN HARI HIDROGRAFI DUNIA 2019

0
105

Jakarta. Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar Sarasehan Hidrografi  dalam rangka Hari Hidrografi Dunia Tahun 2019 bertempat di Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Senin (17/6/2019).

Sarasehan hidrografi bertema “Mewujudkan Pushidrosal Sebagai Lembaga Hidrografi Nasional dan Pusat Informasi Geospasial Kelautan Terbaik di Dunia Guna Mendukung Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”

Seminar yang digelar dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Dunia tahun 2018  ini dibuka Koorsahli Kasal Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M. mewakili Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

Kasal dalam Keynote Speech-nya yang dibacakan Koorsahli Kasal antara lain mengatakan bahwa seiring dengan meningkatnya kebutuhan data dan informasi hidrografi, diperlukan kapasitas dan kemampuan  pengelolaan  data dan informasi hidrografi.

Untuk itu diperlukan kajian mendalam  dari berbagai pihak, berkaitan dengan mewujudkan Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional dan Pusat Informasi geospasial Kelautan, guna mendukung Indonesia sebagai poros Maritim dunia.

Sementara itu, Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., Salah satu persoalan pembangunan sektor maritim dan kelautan diantaranya yaitu ketersediaan data Hidrografi. Hidrografi memberikan kontribusi bagi pembangunan basis data kelautan yang mendukung pembangunan kemaritiman.

Semakin pentingnya peran data hidrografi dan pengelolaannya oleh Lembaga Hidrografi Nasional dalam mendorong setiap aktivitas yang dilakukan di permukaan maupun di bawah permukaan laut.

Sarasehan Hari Hidrografi Dunia ini memfokuskan tentang beberapa sub pokok bahasan tentang arti penting survey hidrografi dan oseanografi dalam pembangunan ekonomi maritim, kualifikasi sumber daya manusia bidang profesi Hidrografi dan penyusunan geospatial kelautan dalam mendukung percepatan pembangunan kemaritiman dengan  mengundang beberapa praktisi maupun pimpinan birokrasi pemerintah.

Dalam acara ini,  Sucofindo menyerahkan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dengan ruang lingkup sertifikasi yaitu “Percetakan Peta Laut dan Buku Nautika” oleh Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis Budi Hartanto kepada Pushidrosal.