Saturday, October 16, 2021
Home Dunia Qatar Airways 'Haram' Terbang dan Mendarat di Arab Saudi

Qatar Airways ‘Haram’ Terbang dan Mendarat di Arab Saudi

Pemerintah Arab Saudi mengultimatum Qatar Airways untuk segera menutup seluruh kantornya dalam waktu 48 jam. Sebelumnya, negara Raja Salman itu telah melarang Qatar Airways untuk terbang dan mendarat di bandara Arab Saudi.

Sedang tak baiknya hubungan Qatar dan Saudi juga berdampak pada pencabutan izin penerbangan maskapai terbaik dunia itu di Arab Saudi sejak, Selasa (6/6).

“Setiap lisensi yang diberikan kepada pegawai Qatar Airways juga akan dicabut. Langkah ini berkaitan dengan putusnya hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Qatar,” demikian ungkap Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi dalam keterangan tertulis seperti yang dikutip dari Reuters, Selasa (6/6).

Akibat kebijakan Arab Saudi tersebut, setidaknya pihak Qatar Airways ditaksir mengalami kerugian hingga jutaan dollar. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Kepala Analis di Pusat Penelitian StrategicAero, Inggris, Saj Ahmad.

“Pencabutan tersebut menunjukkan bahwa pertengkaran ini akan berlangsung lama dan sulit. Tak mungkin lisensi dicabut jika ingin cepat ada solusi,” kata Saj Ahmad.

“Tantangan sebenarnya adalah apa yang bisa dilakukan Qatar untuk mengurangi kerugian tersebut, namun saat ini sepertinya tidak melakukan upaya apapun,” imbuhnya.

Otoritas penerbangan Arab Saudi mengatakan bahwa pelanggan yang meminta penyesuaian tiket ke atau dari Qatar harus berkomunikasi dengan perusahaan, melalui telepon atau melalui situs website.

Sebelumnya puluhan orang memadati kantor Qatar Airways di Riyadh tengah pada pagi, meminta pengembalian uang dan melakukan pemesanan ulang penerbangan dengan maskapai lain.

Qatar Airways sebagai alah satu maskapai terbaik di dunia, melayani lebih dari 150 rute penerbangan global, dan langganan masuk daftar lima teratas The World’s Top 100 Airlines. Seiring tragedi yang menimpa negaranya, sejak Senin (5/6), Qatar Airways tak boleh terbang di langit enam negara jazirah Arab yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, Bahrain, Yaman, dan Libya.

 

@jitunews http://jitunews.com/read/60272/qatar-airways-haram-terbang-dan-mendarat-di-arab-saudi#ixzz4jHmcqc3N

Most Popular

Recent Comments