Friday, September 24, 2021
Home AKADEMISI Radikalisme Meningkat di Kalangan Remaja, Mensos Minta Sistem Pengajaran Nasionalisme dan Spiritual

Radikalisme Meningkat di Kalangan Remaja, Mensos Minta Sistem Pengajaran Nasionalisme dan Spiritual

Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan, Indonesia harus menerapkan sistem belajar mengajar dengan format bangunan nasionalisme. Hal ini disampaikan menanggapi hasil survei sebuah lembaga survei yang menunjukkan tumbuhnya radikalisme di kalangan remaja Indonesia.

“(Hasil survei) sudah cukup menjadikan kita mempertimbangkan proses pendidikan SMP, SMA dan Perguruan Tinggi yang bisa mengintegrasikan program studi atau bidang ajar dengan format bangunan nasionalisme,” ujar Khofifah di Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (16/7).

Dengan sistem pengajaran seperti itu, diharapkan dapat memperkuat jiwa nasionalisme dan membunuh radikalisme di Indonesia.

Selain bermuatan nasionalisme, para siswa juga harus dibekali nilai-nilai spiritual atau keagamaan. Khofifah memberikan salah satu contoh pengajaran dengan menanamkan nilai keagamaan yakni dengan mencontohkan gravitasi bumi.

“Sistem terintegrasi itu misalnya begini, kalau guru fisika cerita gravitasi, kalau ada benda dilempar akan jatuh karena gravitasi bumi. Kenapa ada gravitasi bumi? Karena ada kekuatan Tuhan Yang Maha Pencipta,” ujar Khofifah.

Menurut hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), sebanyak 6,12 persen responden menyatakan setuju bahwa pengeboman yang dilakukan Amrozi adalah perintah agama. Sementara 40,82 persen responden menjawab ‘bersedia’ dan 8,16 persen responden menjawab ‘sangat bersedia’ melakukan penyerangan terhadap orang maupun kelompok yang dianggap menghina Islam.

 

 

Sumber : Radikalisme Meningkat di Kalangan Remaja, Mensos Minta Sistem Pengajaran Nasionalisme dan Spiritual
Radikalisme Meningkat di Kalangan Remaja, Mensos Minta Sistem Pengajaran Nasionalisme dan Spiritual
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments