Monday, August 2, 2021
Home Nasional Laporan Khusus Ratusan juta uang palsu di Semarang dibongkar, 4 pelaku dibekuk

Ratusan juta uang palsu di Semarang dibongkar, 4 pelaku dibekuk

Polisi membongkar peredaran uang palsu di wilayah Semarang, Jawa Tengah. 4 Orang pelaku dibekuk petugas dan uang palsu dengan pecahan nominal Rp 50 ribu dan Rp 100 ribuan dengan total sekitar Rp 600 juta disita.

Kapolrestabes Semarang Kombes Abiyoso Seno Aji mengatakan, penangkapan ini bermula saat ditangkapnya Bernard Ronaldo Ramuri (39), warga Saptamarga IV Krapyak, Kota Semarang dan Elfi Suryani (40) warga, Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah.

“Keduanya disergap oleh anggota kami pada hari Minggu (16/4) lalu di Kawasan Pasar Bulu di Jalan MGR Sugiyopranoto Kota Semarang,” kata Abiyoso saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang Jalan Dr Sutomo, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (20/4).

Dari tangan keduanya, petugas berhasil menyita barang bukti berupa 12 lembar pecahan uang Rp 100 ribu palsu. Kemudian, usai dilakukan penyidikan mendalam mengerucut sebuah nama yang merupakan otak pembuatan uang palsu.

Dari keterangan keduanya, Abiyoso membeberkan, petugas yang dipimpin oleh Kanit Resmob Iptu Gargarin melakukan penggerebekan di rumah Wiharto (41) di Kawasan Karangroto, Kecamatan Genuk, Kota Semarang pada hari Senin (17/4) .

“Dari rumah itu kami berhasil mengamankan dua orang masing masing Wiharto dan Bahri yang sedang melakukan pembuatan uang palsu. Disitu komplit ada seperangkat komputer dan printer serta peralatan sablon,” beber Abiyoso.

Dari penggerebekan tersebut, Abiyoso menambahkan petugas mendapati uang palsu pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu yang sudah siap edar sebanyak Rp 200 juta.

“Kemudian ada lagi upal sekitar Rp 400 juta pecahan yang sama masih dalam kondisi belum dipotong atau masih dalam bentuk cetakan di atas kertas folio,” pungkas Abiyoso.

 

 

https://www.merdeka.com/peristiwa/ratusan-juta-uang-palsu-di-semarang-dibongkar-4-pelaku-dibekuk.html

Most Popular

Recent Comments