Friday, September 24, 2021
Home Nasional Reaksi MUI Soal Wacana Kemendikbud Hapus Pendidikan Agama

Reaksi MUI Soal Wacana Kemendikbud Hapus Pendidikan Agama

Wacana peniadaan pelajaran agama di Sekolah oleh Kemendikbud dalam hal ini Muhadjir Effendy, mendapat reaksi keras dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Meski Muhadjir berdalih bahwa pendidikan agama akan diambil dari pendidikan di madrasah diniyah atau masjid, MUI tetap menolak dengan tegas gagasan Mendikbud tersebut. Pasalnya, hal itu menurut Wakil Ketua Umum (Waketum) MUI Zainut Tauhid Sa’adi, bertentangan dengan UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional khususnya pasal 12 (1) butir a.

“Dalam UU ini jelas ditegaskan bahwa kewajiban memberikan pendidikan agama itu pada setiap satuan pendidikan,” uja Zainut dalam siaran pers MUI, Rabu (14/6).

“Jadi setiap siswa yang menempuh pendidikan baik itu jalur formal, non formal maupun informal berhak mendapatkan pendidikan agama dan sekolah wajib memberikan pendidikan agama kepada siswa. Bahkan lebih ditegaskan dalam UU tersebut kewajiban tersebut harus sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pendidik yang seagama,” lanjutnya.

Sementara itu, MUI juga mempunyai pendapat bahwa siswa memperoleh pendidikan agama merupakan hak yang sudah melekat selama sistem pendidikan di Indonesia berjalan.

“MUI mohon Mendikbud untuk lebih bijak dalam mengeluarkan pernyataan apalagi menyangkut hal yang sensitif,” pungkasnya.

 

Sumber : Reaksi MUI Soal Wacana Kemendikbud Hapus Pendidikan Agama
Reaksi MUI Soal Wacana Kemendikbud Hapus Pendidikan Agama
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments