Thursday, September 16, 2021
Home Nasional Red Notice Bukan Ditolak Interpol, Ini Penjelasannya

Red Notice Bukan Ditolak Interpol, Ini Penjelasannya

Kapolda Metro Jaya, Irjen M Iriawan menjelaskan mengenai berkas red notice Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab yang dikembalikan oleh interpol. Menurutnya, berkas tersebut tidak ditolak oleh interpol.

“Red notice itu begini, jadi pertama-tama kita paparan di hub intern, divisi hubungan internasional mabes polri. Paparan apakah masuk red notice atau tidak, bukan kita ajukan ke interpol. Apabila hub intern mengkaji sesuai aturan yang ada maka hub intern mengkaji sesuai aturan yang ada maka hub intern memberikan surat kepada interpol untuk dikeluarkan red notice maka interpol dunia melakukan pencarian,” ujar Iriawan, Rabu (14/6).

Iriawan juga mengatakan setelah melakukan paparan, ternyata tidak masuk dalam kategori red notice. Kemudian tidak diajukan ke interpol.

“Ternyata setelah dilakukan gelar perkara, itu tidak masuk kategori red notice. Jadi itu, bukan ditolak oleh interpol. Tapi tidak diajukan karena tidak masuk perkara karena ada ketentuannya,” ujar Iriawan.

Pihak kepolisian juga menggunakan strategi lain untuk memulangkan Habib Riziieq ke Indonesia, yakni dengan menerbitkan blue notice.

“Blue notice, pemberitahuan kepada negara bahwa ada peristiwa yang dilakukan oleh orang ini bla bla bla jadi yang ada hubungan bilateral,” kata Iriawan.

 

Sumber : Red Notice Bukan Ditolak Interpol, Ini Penjelasannya
Red Notice Bukan Ditolak Interpol, Ini Penjelasannya
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments