Friday, September 24, 2021
Home Nasional Rekaman Skandal EKTP Milik Johannes Marliem Belum Sampai ke KPK

Rekaman Skandal EKTP Milik Johannes Marliem Belum Sampai ke KPK

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Saksi kunci kasus korupsi proyek E-KTP Johannes Marliem dikabarkan meninggal di Amerika Serikat, Jumat, pekan lalu. Kematiannya menjadi sorotan publik lantaran statusnya yang memiliki hubungan erat dengan kasus korupsi proyek E-KTP. Kasus itu kini tengah ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam beberapa pengakuannya yang terungkap ke publik, bos perusahaan Biomorf Lone LLC itu mengaku memiliki rekaman pembicaraan antara sejumlah pihak dalam pengaturan proyek E-KTP. Namun sayang, hingga ada konfirmasi tentang kematiannya, rekaman itu tak kunjung tiba di tangan KPK.

Padahal, rekaman itu disebut-sebut memuat rekaman percakapan pertemuan-pertemuan antara pihak Johannes Marliem dengan pihak-pihak yang terkait dengan proyek e-KTP.

 

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengakui hal itu. Menurutnya, keberadaan rekaman itu sama sekali belum diketahui secara persis oleh KPK.

“Kami tidak tahu persisnya mengenai rekaman yang sampai ratusan GB tersebut,” jelas Febri, Senin (14/8/2017).

Namun, kata Febri, meski krusialnya pengaruh rekaman itu dalam pengungkapan kasus E-KTP, KPK sudah percaya diri untuk menetapkan tersangka-tersangka dalam korupsi mega proyek e-KTP tersebut.

Buktinya, tanpa rekaman itu, KPK telah menetapkan Irman dan Sugiarto sebagai tersangka dan kini tengah menjadi terdakwa pada pengadilan tindak pidana korupsi dan pada pengadilan tingkat pertama.

“Kalaupun nanti ada bukti-bukti lain dan dalam proses penyidikan membuktikan bahwa itu memperkuat tentu akan lebih baik,” imbuh Febri.

Sumber : Rekaman Skandal EKTP Milik Johannes Marliem Belum Sampai ke KPK
Rekaman Skandal EKTP Milik Johannes Marliem Belum Sampai ke KPK
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments