Friday, September 24, 2021
Home Nasional Relawan Inspirator di Mata Wiranti Widyastuti Hadinoto

Relawan Inspirator di Mata Wiranti Widyastuti Hadinoto

Wiranti Widyastuti Hadinoto, seorang wiraswasta di Surakarta berbagi pengalamannya setelah menjadi relawan inspirator di Kelas Inspirasi 1 Solo (2013). Ranti, begitu sapaan akrabnya, awal mula mengetahui tentang kelas inspirasi dari dosennya, Weilin Han. Ranti memberanikan diri mendaftar sebagai relawan inspirator di Kelas Inspirasi 1. Ketika mengikuti sesi pembekalan inspirator, Ranti mendapati visi dan misi kelas inspirasi yang tepat. Visi dan misi itu adalah bahwa suatu perubahan dimulai dari diri sendiri.

Ranti memiliki kesempatan menginspirasi anak-anak di SD Mojosongo 1, Surakarta. Berhadapan dengan anak-anak kelas 1, 2 dan 3. Sebagai seorang wirausaha sub kontraktor bahan bangunan ternyata cukup membuatnya kesulitan untuk merepresentasikan profesinya kepada anak-anak. Di kalangan anak-anak, profesi ini belum begitu familiar. Namun, hal ini justru dijadikan Ranti sebagai sebuah tantangan tersendiri. Ranti memberikan sejumlah games dan kuis agar presentasinya tidak monoton.

 

“Saya lebih suka share tentang esensi bekerja ke anak-anak. Bagi saya yang terpenting adalah personal value seperti jujur, tekun dan bertanggung jawab. Skill bisa dipelajari, tapi sikap jauh lebih penting daripada skill,” ujar Ranti.

Selepas menjadi relawan inspirator, Ranti termotivasi untuk belajar lebih banyak bersyukur dalam menjalani hidup. Melihat kondisi anak-anak dari lingkungan marginal, membuatnya tersadar bahwa hidup ini keras.

“Ketika kita selalu melihat ke atas, kita lupa untuk menyadari bahwa masih lebih banyak mereka yang memiliki kehidupan lebih sulit dari kita. Kelas inspirasi membuat saya belajar untuk bersyukur,” lanjutnya.

Tidak mau berdiam diri dan mengutuk keadaan, Ranti dipercaya menjadi Ketua Penyelenggara di Kelas Inspirasi 4 Solo (2016) dan Inspirator Leader di Kelas Inspirasi 5 Solo Raya (2017). Ranti, yang memiliki hobi membaca ini, ingin menyalurkan lebih banyak energi positif ke orang lain terutama kepada relawan inspirator lainnya. Pelajaran yang sejatinya ingin ia sampaikan adalah mengubah keadaan di luar sana. Hal ini berawal dari diri kita sendiri. Kelas inspirasi tidak akan terwujud tanpa didukung tim yang kompak dan solid.

“Saya yakin dan percaya, niat baik dan energi positif akan tersampaikan dengan baik ke semua orang, terutama anak-anak yang menjadi tujuan utama kelas inspirasi. Dream Big, Start Small, Act Now!. Kalau bukan kita, siapa lagi?” pungkas Ranti.

Sumber : Relawan Inspirator di Mata Wiranti Widyastuti Hadinoto
Relawan Inspirator di Mata Wiranti Widyastuti Hadinoto
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments