Tuesday, August 3, 2021
Home Nasional Resahkan Masyarakat, Kominfo Tegas Tutup dan Usir Facebook dari Indonesia

Resahkan Masyarakat, Kominfo Tegas Tutup dan Usir Facebook dari Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menegaskan bahwa Kementerian Kominfo siap untuk menutup akun Facebook yang dinilai menghadirkan konten SARA, negatif, hoax, dan memecah persatuan umat serta bangsa. Menurutnya, hal itu sudah sesuai dengan UU ITE dan berlandaskan UUD 1945.

Tak hanya menutup akun Facebook milik seseorang saja, pihaknya juga tegas menutup penyelenggara akun tersebut yaitu, pihak Facebook untuk hengkang dari Indonesia, jika konten-konten SARA atau berita hoax sudah melampui batas.

“Jadi, keputusannya adalah menutup akun, hal itu memang sesui dengan UU. Tetapi, tak hanya menutup akun, Kominfo juga dapat menutup penyelanggaranya. Kemungkinannya Facebooknya ditutup. Kalau diperlukan ya terpaksa,” tegas Rudiantara kepada Jitunews.com, dalam diskusi ‘Fatwa MUI tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Medsos’, di Jakarta, Senin (5/6) malam.

“Karena kita juga tidak akan mendapatkan manfaat dari media sosial itu sendiri. Kalau memang sudah keterlaluan lagi, MUI minta ditutup ya kita tutup,” ujar ia menambahkan.

Dukungan untuk ‘mengusir’ atau menutup Facebook dari Indonesia ini, kata Rudiantara, sudah didukung oleh Komisi I DPR RI, saat rapat dengar pendapat pada akhir Mei 2017 lalu.

“Minggu lalu, kami rapat dengan DPR Komisi I. Karena memang situasinya banyak yang negatif, merusak satu dengan lainnya sama-sama umat Islam menjadi hubungan yang tidak baik gara-gara media sosial ini,” bebernya.

Menurut Rudiantara, dari data yang ia peroleh hingga hari ini terdapat 111 juta orang Indonesia yang memakai Facebook. Itu berarti 75 persen dari keseluruhan masyarakat Indonesia menggunakan Facebook.

“Sebenarnya media sosial itu untuk meningkatkan ukhuwah. Media sosial ini dibangun untuk merekatkan hubungan antar manusia. Kecendrungannya sekarang ini justru menjadi negatif,” kesalnya.

Ia kembali menuturkan bahwa dalam UU ITE itu sebenarnya tugas pemerintah ada dua. Yang pertama adalah melakukan sosialisasi dan edukasi. Dan, kedua yaitu melakukan pembatasan akses atau pemutusan akses terhadap dunia maya.

“Penyerahan fatwa (Fatwa MUI tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Medsos) ini adalah titik awal. Lalu saya akan ketuk pintu minta bantuan lagi bagaimana mengaplikasikannya di lapangan. Kedua, bagaimana menggunakan rujukan fatwa MUI ini bagi kita untuk mengelola khususnya konten-konten yang bersifat negatif,” urainya lagi menutup pembicaraan.

Sumber : Resahkan Masyarakat, Kominfo Tegas Tutup dan Usir Facebook dari Indonesia
Resahkan Masyarakat, Kominfo Tegas Tutup dan Usir Facebook dari Indonesia
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments