Saturday, October 16, 2021
Home ENERGI UMUM Resmikan PLTMH, Dirjen EBTKE: Listrik Penting untuk Kemajuan Peradaban

Resmikan PLTMH, Dirjen EBTKE: Listrik Penting untuk Kemajuan Peradaban

Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana, telah meresmikan pembangunan PLTMH di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Minggu (30/4) lalu.

Peresmian ini dihadiri juga oleh Kurtubi, Anggota Komisi VII DPR-RI; Dahlan M. Noer, Wakil Bupati Bima; Setda Bupati Sumbawa; Kepala Dinas Pertambangan dan Energi NTB; dan dihadiri oleh masyarakat penerima manfaat PLTMH.

Adapun, pembangunan PLTMH ini bertempat di Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima dengan jumlah sambungan rumah sebanyak 150 unit teraliri listrik.

Dalam sambutannya, Rida mengatakan, PLTMH ini bertujuan untuk mempercepat penerapan prinsip energi yang berkeadilan.

“Fokus pembangunan energi baru dan terbarukan diarahkan ke Indonesia timur, karena kawasan tersebut masih kekurangan listrik. Dengan hadirnya listrik, maka akan meningkatkan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sehingga pemerataan pembangunan terwujud sebagai bentuk energi berkeadilan rakyat Indonesia,” ujar Rida.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan berita acara serah terima dari Kementerian ESDM Kepada Pemda setempat sehingga keberadaan aset tersebut menjadi milik Pemda setempat dan masyarakat penerima manfaat.

“PLTMH ini harus dirawat dan dijaga dengan baik agar masyarakat tetap terus menikmati adanya listrik. Untuk menjaga listrik menyala, aliran airnya perlu dijaga, supaya airnya tetap mengalir tolong jaga hutannya,” lanjut Rida.

Dalam kesempatan yang sama, Sahruddin selaku Kepala Dusun, mengatakan bahwa masyarakat di sini merasa senang dengan adanya listrik. Menurutnya, manfaat PLTMH ini sudah dirasakan oleh dusun Oi Panihi Desa Doro Mbolo Kecamatan Tambora sejak awal tahun 2017.

“Sekarang kalau sore terang dan anak-anak bisa belajar dan nonton TV. Dan Kami bisa lebih hemat, biasanya kita sehari menghabiskan sekitar 4-5 liter solar mulai setelah magrib sampai larut malam. Harga solar 1 liter Rp 10.000 di sini, sehingga sehari bisa hemat Rp 40.000-50.000 untuk sekarang ini masih gratis,” terang Sahruddin.

Kemudian, di akhir sambutannya, Rida pun menjelaskan akan pentingnya listrik untuk kemajuan peradaban.

“Kemiskinan, pendidikan, kesejahteraan suatu masyarakat dipengaruhi oleh keberadaan listrik, dan ini terbukti di seluruh dunia. Listrik adalah pintu untuk mengentaskan kemiskinan, meningkatkan pendidikan, untuk meningkatkan kesehatan, membuka jendela dunia sehingga lebih maju dan ujungnya adalah sejahtera,” tutup Rida.

Sumber : Resmikan PLTMH, Dirjen EBTKE: Listrik Penting untuk Kemajuan Peradaban
Resmikan PLTMH, Dirjen EBTKE: Listrik Penting untuk Kemajuan Peradaban
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments