Thursday, October 21, 2021
Home Nasional Rieke Diah Pitaloka Dukung Mendag Selesaikan UU Perdagangan

Rieke Diah Pitaloka Dukung Mendag Selesaikan UU Perdagangan

Anggota Komisi VI DPR RI, Rieke Diah Pitaloka menilai carut marut masalah perdagangan di Indonesia saat ini dikarenakan Kementerian Perdagangan belum menyelesaikan aturan turunan dari UU 7/2014 tentang Perdagangan.

“Itu salah satu problem utamanya. Indonesia negara hukum, tidak mungkin kebijakan dijalankan tanpa aturan hukum. Dalam UU Perdagangan sudah cukup jelas dan tegas mengatur tentang perdagangan dalam negeri, kualitas pengelolaan pasar rakyat, penguatan koperasi dan UKM, pengendalian ketersediaan barang kebutuhan pokok, ekspor, impor, penyimpanan, barang yang diperdagangkan,” ujarnya di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (5/6).

Dalam hal ini, Rieke mendukung agar Menteri Perdagangan segera menyelesaikan aturan turunan UU Perdagangan.

“Saya dukung Mendag selesaikan aturan turunan UU ini,” tuturnya.

Selain itu, Politisi PDIP ini juga meminta agar Menteri Perdagangan segera merevisi aturan turunan yang sudah ada, yang justru membahayakan kedaulatan pangan nasional.

Menurutnya yang membahayakan kedaulatan pangan nasional itu terdapat dalam ayat 1 dan 2 Pasal 11 PP 71/2017 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, Permendag No 125/2015 tentang Ketentuan Impor Garam dan Permendag No 70/2015 tentang Angka Pengenal Impor (API).

“Pasal 11 PP 71/2017 ini membuka peluang pelaku besar melakukan penimbunan barang dan melakukan permainan harga,” pungkasnya.

 

 
Sumber : Rieke Diah Pitaloka Dukung Mendag Selesaikan UU Perdagangan
Rieke Diah Pitaloka Dukung Mendag Selesaikan UU Perdagangan
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments