Friday, September 24, 2021
Home Nasional RUU Perbukuan Disahkan, Kemenag Pantau Konten Buku Agama

RUU Perbukuan Disahkan, Kemenag Pantau Konten Buku Agama

Setelah mengalami penundaan, akhirnya RUU Perbukuan disahkan dalam Sidang Paripurna DPR, Kamis (27/4/2017).

Sebelumnya, pengesahan RUU Perbukuan mengalami penundaan lantaran adanya permintaan dari fraksi PPP yang menyebut ada kekurangan dalam draf RUU terkait tidak adanya norma tentang buku-buku agama dan juga wewenang Kementrian Agama (Kemenag) untuk mengontrol muatan buku-buku agama, terutama buku teks di sekolah.

Ketua Fraksi PPP DPR RI, Reni Marlinawati, mengungkapkan pihaknya di PPP telah berusaha semaksimal mungkin untuk memperjuangkan ketentuan terkait buku agama agar bisa masuk dalam RUU Perbukuan.

“Setelah melalui perdebatan yang dinamis, akhirnya norma tentang buku agama diatur khusus dalam UU Sistem Perbukuan dan memberi kewenangan kepada Kementerian Agama untuk bertanggung jawab terhadap konten buku agama baik untuk buku teks di pendidikan umum seperti SD, SMP, SMA, SMK maupun MI, MTs, MA maupun di pendidikan keagamaan  seperti TPA, PAUD, Ponpes, dan lain-lain,” ucap Reni dalam keterangan persnya, Kamis (27/4).

Adapun ketentuan tentang pengaturan soal buku agama dan pemberian kewenangan terhadap Kementerian Agama ini tertuang dalam Pasal 6 ayat (2), (3), (4), dan (9).

“Setelah UU Sistem Perbukuan ini disahkan, kami yakin buku bukan hanya berkualitas, terjangkau, tetapi juga kontennya baik dan benar. Semua langkah ini semata-mata dimaksudkan untuk menyiapkan generasi bangsa yang tidak hanya cerdas dalam bidang ilmu pengetahuan namun juga cerdas dalam bidang spiritual.” kata Reni lagi.

Sumber : RUU Perbukuan Disahkan, Kemenag Pantau Konten Buku Agama
RUU Perbukuan Disahkan, Kemenag Pantau Konten Buku Agama
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments