Sakit Kepala Sebelah Dapat Menyebabkan Munculnya Masalah Mata Kering

0
19

Migrain atau sakit kepala sebelah ternyata dapat memicu munculnya kondisi kesehatan lain pada diri seseorang. Dilansir dari The Health Site, ketika mengalami migrain, kamu memiliki peluang lebih besar mengalami mata kering.

Kondisi mata kering ini sendiri terjadi ketika air mata alami gagal untuk memberi cukup cairan ke mata. Hal ini dapat berakibat pada fungsi pada serta menurunkan kualitas hidup seseorang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengalami migrain memiliki kemungkinan 20 persen lebih tinggi mengalami mata kering. Bagi pria dengan usia 65 tahun ke atas, mengalami migrain dapat meningkatkan peluang mengalami penyakit mata kering hingga dua kali lipat. Sedangkan pada wanita dengan usia sama, peluangnya menjadi meningkat 2,5 kali lipat.

Hubungan antara migrain dengan mata kering lebih umum ditemui pada orang tua. Secara khusus, hal ini dialami wanita karena perubahan hormonal yang disebabkan oleh kehamilan, penggunaan kontrasepsi oral, serta menopause.

“Dokter yang merawat pasien mereka dengan riwayat migrain harus waspada bahwa pasien mereka mungkin memiliki risiko bersamaan munculnya penyakit mata kering,” ujar Richard Davis, ophthalmologis di University of North Carolina.

dalam penelitian ini, peneliti mempelajari data dari 73 ribu orang dewasa. Hasil temuan ini menyebut bahwa 8-34 persen orang dewasa mungkin terdampak penyakit mata kering.

Lebih lanjut, proses peradangan pada tingkat sel diketahui memainkan peran utama baik pada penyakit mata kering serta migrain.

“Perubahan peradangan pada penyakit mata kering mungkin memicu hal yang sama pada jaringan neuromuskular, berujung pada perkembangan dan pembiakan migrain,” jelas hasil penelitian tersebut.

Kekeringan yang berlebih pada permukaan mata mungkin bekerja pada sejumlah jaringan saraf yang memicu migrain. Sebagai tambahan, mata kering dapat terjadi karena diabetes, masalah tiroid, paparan asap, cuaca yang kering dan berangin, serta penggunaan kontak lens terlalu lama. [RWP]

 

Sumber : Merdeka.com

Comments

comments