Saturday, July 31, 2021
Home Jitu News Sebut Proses Pemilihan OSO Berlangsung Brutal, Farouk Muhammad Klaim Masih Jadi Wakil...

Sebut Proses Pemilihan OSO Berlangsung Brutal, Farouk Muhammad Klaim Masih Jadi Wakil Ketua DPD

Senator NTB, Farouk Muhammad, mengaku sangat menyesalkan hasil sidang paripurna DPD RI pada tanggal 3 April 2017 yang lalu. Pasalnya, sidang yang telah menunjuk Oesman Sapta Oedang (OSO) sebagai ketua DPD RI, dinilai telah melanggar peraturan perundang-undangan.

Sebelumnya diketahui, Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA), Suwardi, telah melantik OSO sebagai ketua DPD, Nono Sompono sebagai wakil ketua I dan Darmayanti Lubis sebagai wakil ketua II sesuai dengan Surat Keputusan DPD RI yang bernomor 45/DPD/3/2016-2017 tentang Pimpinan Perwakilan Daerah Ri Periode April 2017-September 2019.

“Saya sangat menyesalkan terjadinya proses pemilihan pimpinan lembaga (tinggi) negara dilakukan berdasarkan aturan yang sudah dinyatakan oleh Mahkamah Agung sebagai tidak sah dan mengikat karena bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi,” ujarnya di Jakarta, Selasa malam (4/4/2017).

Menurut guru besar PTIK ini, hal tersebut sangat memprihatinkan karena menyangkut lembaga yang saat ini sedang dipimpinnya sebagai wakil ketua DPD RI.

“Lebih-lebih lagi proses dilakukan secara brutal sehingga terjadi kegaduhan dalam Sidang Paripurna dan dinilai publik sebagai perbuatan yang memalukan,” tuturnya.

Dalam hal ini, Farouk menegaskan dirinya akan tetap mengemban amanah jabatan sebagai wakil ketua DPD RI yang didasarkan atas Keputusan DPD Nomor 02/DPD RI/I/2014-2015 untuk masa jabatan 2014-2019, yang mana masa jabatan tersebut dikuatkan oleh Putusan MA Nomor 38P/HUM/2016 dan Nomor 20P/HUM/2017.

“Putusan MA itu membatalkan dua Tata Tertib DPD (Nomor 1 Tahun 2016 dan Nomor 1 Tahun 2017) yang salah satunya mengubah masa jabatan Pimpinan DPD dari 5 tahun ke 2,5 tahun dan dinyatakan bertentangan dengan UU MD3 dan UU P3 sehingga dipandang tidak sah dan mengikat. Kecuali Jika MA mengingkari amar putusannya sendiri dengan tetap mengambil sumpah pimpinan yang baru terpilih yang sekaligus mencerminkan runtuhnya benteng terakhir penegakan hukum di Republik tercinta,” tukasnya.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/56239/sebut-proses-pemilihan-oso-berlangsung-brutal-farouk-muhammad-klaim-masih-jadi-wakil-ketua-dpd#ixzz4dLxAQYvj

Most Popular

Recent Comments