Sederet Masalah Kesehatan yang Mengancam dari Penggunaan Sandal Jepit Terlalu Lama

0
19

Bentuknya yang praktis dan mudah digunakan membuat sandal jepit menjadi salah satu alas kaki paling populer di Indonesia. Suhu panas di wilayah di Indonesia menyebabkan banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan sandal jepit ini dibanding sepatu yang membuat kaki panas.

Namun walau cukup praktis, terdapat sejumlah bahaya yang dikandung oleh penggunaan sandal jepit ini. Dilansir dari Idiva, berikut sejumlah masalah kesehatan yang muncul dari penggunaan sandal jepit ini.

Tak Memiliki Bantalan Kaki

Banyak orang yang menggunakan sandal jepit untuk berjalan kaki dalam jangka waktu yang lama. Hal ini ternyata justru bisa berbahaya bagi kaki karena sandal jepit tak memiliki bantalan tumit sehingga bisa menimbulkan cedera.

Memiliki Sedikit Perlindungan untuk Kaki

Karena mudah digunakan dan terbuka, sandal jepit memiliki perlindungan yang sangat minim bagi jari kaki. Minimnya perlindungan ini bisa membuat kaki rawan cedera, terkena gigitan serangga, serta sengatan sinar matahari.

Bisa Menyebabkan Kerusakan Jari

“Mengenakan sandal jepit bisa menyebabkan hammertor, di mana buku-buku jari kaki bisa menekuk secara permanen. Hal ini terjadi karena buku-buku jari bekerja lebih keras untuk mencengkeram sandal jepit,” ungkap Dr Rana K, seorang ahli tulang di sebuah klinik kesehatan di Delhi.

“Selain gangguan tersebut, pemakaian sandal jepit secara rutin membuat kaki rentan terkena plantar faciitis yaitu peradangan di telapak kaki dan kaki yang sangat menyiksa,” lanjutnya.

Membuat Postur Tubuh jadi Buruk

Penggunaan sandal jepit bisa membuat postur tubuh seseorang menjadi berantakan. Pasalnya, sandal jepit yang tidak memiliki bantalan dan cenderung datar dan dapat mengubah biomekanik tubuh yang pada gilirannya bisa mempengaruhi postur tubuh.

Mengandung Bahan Beracun

Karena terbuat dari karet, sandal jepit kemungkinan mengandung bahan beracun seperti lateks yang bisa menyebabkan alergi atau BPA. Selain itu, racun ini kemungkinan juga bisa menyebabkan kanker.

Merusak Kesehatan Tumit

Karena sandal jepit cenderung datar dan tipis, maka tumit kakimu bisa rentan cedera.

“Disadari atau tidak, pemakaian sandal jepit dalam waktu yang lama bisa menyebabkan rasa nyeri di tumit muncul,” ungkap Dr Rana.

Sejumlah masalah kesehatan itu bisa mengancam kesehatanmu jika kamu terlalu lama menggunakan sandal jepit. Oleh karena itu, sebaiknya batasi penggunaan di lingkungan rumah saja atau dalam jangka waktu tertentu agar tidak berbahaya di kemudian hari. [RWP]

 

Sumber : Merdeka.com

Comments

comments