Saturday, October 16, 2021
Home INSPIRASI Segera Atasi Post-vacation Blues, Sindrom Gagal Move On dari Liburan

Segera Atasi Post-vacation Blues, Sindrom Gagal Move On dari Liburan

Munculnya perasaan malas untuk kembali beraktivitas usai melalui liburan panjang memang terkadang menjadi suatu persoalan sendiri bagi manusia. Sindrom ini pun biasa dikenal dengan nama Post-vacation Blues. 

Banyak orang yang merasa stres dan sedih lantaran hari liburnya telah berakhir. Akan tetapi, apakah sindrom ‘malas’ tersebut dapat memicu rasa depresi atau stres? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Seorang dosen dari Departemen Wisata Universitas Otago, yang juga merupakan salah satu penulis buku Vacation Rules, Dr. Sebastian Filep, mengatakan bahwa sindrom tersebut pada dasarnya tidak akan memicu rasa depresi. “Depresi setelah liburan itu hanya mitos,” kata Sebastian, kepada nbcnews.com, 2016 silam.

Nah, salah satu cara paling efektif untuk mengembalikan mood bekerja usai menjalani liburan panjang adalah memotivasi diri sendiri. Diungkapkan peneliti dari situs Medway Leisure Travel, berikut ini hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan motivasi diri agar bersemangat menyongsong hari baru setelah liburan.

Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Fit

Menurut survei yang telah dilakukan, sebesar 79 persen pegawai merasa betul-betul produktif ketika kondisi tubuhnya fit dan sehat. Cara sederhana menjaga kondisi tubuh agar tetap prima misalnya dengan naik-turun tangga setiap pagi. Anda juga dapat melakukan olahraga ringan di depan meja kerja. Ketika duduk, rentangkan salah satu kaki dan tangan, lalukan bergantian selama 10 kali. Anda juga bisa dapat melakukan push-up dengan telapak tangan yang bertumpu pada pinggir meja. Jangan lupa luruskan posisi kaki Anda dari lantai.

Makan Makanan Mood Booster

Konsumsi makanan kesukaan Anda untuk meningkatkan semangat. Salah satu makanan mood booster terbaik adalah cokelat hitam.

Buat Agenda 

Dengan membuat agenda, otak akan terlatih untuk kembali bekerja secara tidak langsung. Selain itu, Anda juga akan termotivasi untuk mewujudkan goal atau tujuan hidup Anda.

Rencanakan Liburan Selanjutnya

Menurut survei, kegiatan ini adalah yang paling efektif meningkatkan mood di hari pertama kerja usai liburan. Dengan merencanakan liburan selanjutnya, Anda akan merasa bahagia selama paling tidak delapan minggu. Selain itu, mereka yang menabung dan merencanakan liburannya jauh-jauh hari biasanya hidupnya akan lebih bahagia. Dengan merencanakan liburan selanjutnya, Anda juga akan merasa termotivasi untuk bekerja lebih giat untuk mencapai tujuan tersebut.

 

Sumber : Segera Atasi Post-vacation Blues, Sindrom Gagal Move On dari Liburan
Segera Atasi Post-vacation Blues, Sindrom Gagal Move On dari Liburan
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments