Saturday, May 28, 2022
Home Nasional Sejarahwan: Film G30S/PKI Sangat Perlu Diputar Sebagai Pengingat Sejarah ke Generasi Muda

Sejarahwan: Film G30S/PKI Sangat Perlu Diputar Sebagai Pengingat Sejarah ke Generasi Muda

Sejarahwan Universitas Indonesia (UI), Siswantari, mengatakan, menonton film G30S/PKI sangat perlu sebagai pengingat sejarah ke generasi muda.

Ia pun menilai, sejauh ini tidak ada masalah dengan film yang berkisah tentang sejarah di tahun 1965 tersebut.

Hal itu menyusul langkah Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang mengintruksikan seluruh jajarannya di internal TNI untuk menggelar nonton bareng alias nobar film tersebut.

“Saya rasa itu tidak apa-apa, karena penting juga untuk melihat ini dan peristiwa itu memang sudah jadi bagian dari sejarah kita,” ujar Siswantari kepada wartawan di Jakarta, Senin (18/9) malam.

Menyoal keinginan pemerintah untuk membuat ulang film G30S/PKI, Siswantari pun menyetujuinya. Ia pun lantas menyarankan, agar sebaiknya dilakukan penelitian lagi untuk film yang akan dibuat ulang nantinya.

“Sebisa mungkin ya harus ada penelitian baru atau data-data baru. Kalau pemerintah yang buat berarti harus didasarkan penelitian yang dilakukan pemerintah,” tukas Siswantari.

Diwartakan sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, mengatakan bahwa dirinya telaj menginstruksikan jajarannya untuk menonton film Pengkhianatan G30S/PKI. Ia menegaskan, pemutaran kembali film tersebut adalah dalam rangka menyebarluaskan fakta-fakta nilai sejarah bagi seluruh anak bangsa, khususnya generasi muda Indonesia.

“Perintah (saya) mau apa emangnya?,” cetus┬áPanglima TNI usai berziarah di makam Bung Karno, Blitar, Jawa Timur, Senin (18/9).

Terkait polemik isi film tersebut, yang menurut sebagian kelompok tidak sepenuhnya benar, Panglima TNI mengatakan tidak ambil pusing. Panglima TNI juga menegaskan tidak akan memedulikan sikap dari kelompok-kelompok masyarakat yang menolak pemutaran film tersebut.

“Emang gue pikirin. Menteri Dalam Negeri sudah mempersilakan (pemutaran kembali film G30SPKI). Yang bisa melarang saya cuma pemerintah,” tuturnya Panglima TNI.

 

 

 

 

 

Sumber : Sejarahwan: Film G30S/PKI Sangat Perlu Diputar Sebagai Pengingat Sejarah ke Generasi Muda
Sejarahwan: Film G30S/PKI Sangat Perlu Diputar Sebagai Pengingat Sejarah ke Generasi Muda
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments