Sekolah di Italia keluarkan mata pelajaran untuk perangi berita palsu

0
54

Selain mempelajari pelajaran umum di sekolah, para murid di Italia kini akan diajarkan tentang cara menghadapi bahaya era digital saat ini. Mata pelajaran tersebut nantinya akan dibawakan oleh seorang jurnalis sekaligus penyiar nasional dari RAI.

Sebagaimana diketahui, dewasa ini banyak berita maupun informasi tersebar lewat internet yang terkadang isinya tidak benar. Hal tersebut bahkan bisa membuat orang-orang memiliki anggapan ataupun pemahaman yang salah tentang suatu hal.

Dengan mata pelajaran baru ini, para siswa dituntut untuk tidak membagikan berita yang belum terverifikasi kebenarannya. Mereka pun akan dilatih untuk mencari sumber dan bukti terlebih dahulu saat menerima informasi. Sebab, internet dan berbagai jaringan sosial saat ini bisa dengan mudah dimanipulasi oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

Untuk merealisasikan eksperimen luar biasa ini, pemerintah Italia bahkan menggandeng perusahaan digital terkemuka seperti Facebook untuk melatih generasi muda mendalami media sosial dan mengenali teori berita serta teori konspirasi yang salah.

“Zaman sekarang, membaca berita-berita palsu seperti meneteskan racun ke dalam pikiran kita hingga tanpa sadar kita jadi terinfeksi,” kata Laura Boldrini, Ketua Majelis Rendah Italia, yang mempelopori proyek tersebut dengan Kementerian Pendidikan Italia, seperti dilansir dari laman New York Times, Kamis (19/10).

“Alangkah baiknya memberi anak-anak ini kemampuan untuk mempertahankan diri agar tidak terpengaruh kebohongan,” lanjutnya.

Rencananya, aturan ini akan diterapkan di 8.000 sekolah menengah atas yang tersebar di seluruh negeri mulai 31 Oktober mendatang.

Italia bukan satu-satunya yang berupaya untuk bergulat dengan propaganda yang telah menebarkan kebingungan publik dan meruntuhkan kredibilitas institusi yang sebelumnya kuat.

Baru-baru ini, Paus Fransiskus mengumumkan bahwa dia akan mendedikasikan pidatonya dalam World Communications Day pada 2018 mendatang khusus tentang berita palsu. Selain itu, Kongres Amerika Serikat pun saat ini sedang menyelidiki bagaimana agen-agen Rusia memanipulasi Facebook dan Twitter untuk menyebarkan berita palsu yang memicu teori-teori konspirasi untuk mempengaruhi pemilihan presiden 2016.

Italia sendiri mengambil langkah ini jelang pemilihan umum awal tahun depan karena negara tersebut telah menjadi sasaran empuk bagi para penipu digital. Banyak hal di negara tersebut yang terpengaruh oleh bahayanya era digital, seperti dari sektor ekonomi, krisis imigran, dan semua jenis teori konspirasi. [ary]

 

 

 

Sumber : https://www.merdeka.com/dunia/sekolah-di-italia-keluarkan-mata-pelajaran-untuk-perangi-berita-palsu.html

Comments

comments