Friday, September 24, 2021
Home Nasional Sekum PP Muhammadiyah: Soekarno, Sosok yang Anti Kejumudan

Sekum PP Muhammadiyah: Soekarno, Sosok yang Anti Kejumudan

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, mengatakan, sosok Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, adalah sosok yang sangat anti terhadap kejumudan (kemandekan) dalam berpikir. Hal ini dapat dilihat dari cara bagaimana dia dalam memahami agama Islam.

“Bagi Soekarno, Islam sebagai agama telah selesai, tapi pemahaman kepada islam belum selesai. Dan yang dimaksud Soekarno  adalah bagaimana pemahaman kita kepada agama itu harus di-refresh,” ujar Abdul Mu’ti saat menjadi pembicara dalam acara diskusi publik bertajuk ‘Ngaji Bareng Bung Karno’ di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (12/6).

Abdul Mu’ti menjelaskan, bagi Soekarno, pemikiran Islam yang maju adalah kecintaan agama Islam yang diyakininya. Dimana presiden yang dijuluki sang proklamator itu tidak memiliki teori yang kaitannya dengan agama Islam.  Tapi, tanpa diduga dia pernah memunculkan itu kepada istri kelimanya, Ratna Sari Dewi.

“Contohnya, ketika panci milik Ratna digigit anjing, Soekarno bilang cuci dengan sabun, tapi Ratna mencucinya dengan tanah sesuai dengan yang diajarkan nabi untuk gunakan tanah. Tapi Soekarno mengatakan, pada saat zaman nabi tidak ada sabun, dan akhirnya Ratna mencucinya dengan sabun. Zaman sekarang saja orang enggak berani cuci jilatan anjing itu pake sabun, tapi Soekarno berani. Dan sekarang dalil itu di akui oleh Peneliti dari mesir pada tahun 2012,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Abdul Mu’ti, sebaiknya kita mencontoh dari Soekarno. Dimana, modal spiritual yang kita miliki tidak boleh terpaku pada pemahaman lama yang merasa bahwa soal agama itu sudah selesai.

“Jadi spirit Islam tidak hilang, karena itu jadi modal spiritual tapi kita tidak boleh terpaku pada pemahaman lama merasa bahwa soal agama itu sudah selesai. Bung Karno mengatakan Islam sudah selesai, tapi cara kita memahami agama harus diteruskan, makanya Bung Karno itu lebih-lebih ke arah Muhamadiyah,” pungkasnya.

 

Sumber : Sekum PP Muhammadiyah: Soekarno, Sosok yang Anti Kejumudan
Sekum PP Muhammadiyah: Soekarno, Sosok yang Anti Kejumudan
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments