Saturday, July 31, 2021
Home Dunia Selama Olimpiade, Korut dan Korsel sepakat damai dan buat tim bersama

Selama Olimpiade, Korut dan Korsel sepakat damai dan buat tim bersama

Korea Utara dan Korea Selatan menyatakan akan membentuk tim hoki es wanita gabungan dan akan menggelar parade bersama di bawah satu bendera pada pembukaan Olimpiade Musim Dingin bulan depan di Pyeongchang, Korsel.

Keputusan tersebut diambil usai kedua negara melakukan pertemuan guna membahas tentang perlombaan pada olimpiade tersebut. Keduanya sepakat untuk menyingkirkan segala ketegangan khususnya tentang program nuklir dan rudal Korut selama masa olimpiade berlangsung.

Korut dan Korsel akan ikut sebagai tim terpadu untuk pertama kalinya dalam even Olimpiade, meski kedua negara telah bergabung dalam ajang pertandingan internasional beberapa kali sebelumnya.

Pada kesempatan ini, Korut akan mengirimkan 400 delegasi untuk berpartisipasi. Sebanyak 230 di antaranya merupakan pemandu sorak, 140 atlet, dan 20 pemain Taekwondo. Namun, jumlah pasti atlet yang bertanding akan diumumkan setelah berdiskusi dengan IOC akhir pekan ini.

Sebelum olimpiade, pihak-pihak tersebut akan melakukan latihan bersama untuk pemain ski di resor Masik Pass Korut dan menggelar acara budaya di resor Gunung Kumgang, di mana pejabat Korsel berencana hadir di dalamnya.

“Di tengah situasi antar-Korea yang sangat tegang, sebenarnya 20 hari yang lalu kami masih tidak menyangka bahwa Korut akan berpartisipasi di Olimpiade ini,” kaya Wakil Menteri Unifikasi Korsel, Chun Hae-sung, dikutip Reuters, Kamis (18/1).

“Momen ini menjadi penting karena Korut dan Korsel akan menunjukkan rekonsiliasi dan persatuan, misalnya dalam demonstrasi bersama,” tambahnya.

Rencananya, delegasi Korut akan tiba di Korsel pada 25 Januari mendatang. Secara terpisah, Korut juga akan mengirim 150 delegasi ke Paralimpiade. [ian]

 

 

 

Sumber : https://www.merdeka.com/dunia/selama-olimpiade-korut-dan-korsel-sepakat-damai-dan-buat-tim-bersama.html

Most Popular

Recent Comments