Sempurnakan Liburan ke Yogyakarta, 5 Tempat Kuliner Ini Wajib Banget Dicoba

0
46

Liburan ke Yogyakarta boleh dibilang tak pernah ada bosannya. Terlebih selain memiliki destinasi beragam, Yogyakarta cukup terjangkau untuk berwisata. Dari wisata di pantai, bukit, tempat-tempat bersejarah, hingga menjelajahi lokasi ikonik di pusat kota, seperti Malioboro.

Selain tempat wisata menarik, Yogyakarta juga terkenal dengan wisata kulinernya yang lezat. Nah, supaya liburan ke Yogyakarta kian sempurna, lengkapi dengan mencoba wisata kuliner di 5 tempat terbaik berikut ini.

Mangut Lele Mbah Marto

Lezatnya lele makin terasa saat diolah dengan sajian kaya rempah seperti mangut lele. Salah satu mangut lele nikmat dan legendaris di Yogyakarta yang wajib dicoba adalah Mangut Lele Mbah Marto. Seporsi sajiannya berisikan nasi panas, sambal goreng krecek dan lele dengan mangut. Mangut Lele Mbah Marto bisa ditemukan di daerah sekitar ISI Yogyakarta, Ngireng-ngireng, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tengkleng Gajah

Meski namanya tengkleng gajah tapi sebenarnya bahan bakunya adalah tulang kambing berukuran jumbo. Rasanya sekilas mirip gulai kambing, tetapi agak encer. Tengkleng nikmat disantap dengan nasi panas. Adapun lokasi Tengkleng Gajah ini berada di Jalan Kaliurang KM 9.3, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mie Lethek Mbah Mendes

Ingin kuliner mie yang lezat dan khas di Yogyakarta? Kunjungi saja Mie Lethek Mbah Mendes. Sajiannya berupa mie rebus, goreng atau dicampur nasi dengan warna pekat. Rasanya makin nikmat dengan suwiran ayam kampung di atasnya. Mie Lethek Mbah Mendes beralamat di Jalan P Mangkubumi no 22, Kota Yogyakarta.

Sate Klathak Pak Bari

Yogyakarta punya satu kuliner sate yang unik, namanya sate klathak. Keunikan sate klathak terletak pada penggunaan besi sebagai tusuknya, sehingga dagingnya matang luar dalam. Salah satu sate klathak yang wajib dicoba adalah Sate Klathak Pak Bari di dalam Pasar Wonokromo yang ada di Jalan Imogiri no 5, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai informasi tambahan, Sate Klathak Pak Bari menjadi lokasi syuting film AADC 2.

Gudeg Yu Djum

Pergi ke Yogyakarta kurang lengkap jika tak makan gudeg. Salah satu gudeg lezat yang wajib dicoba di Jogja adalah Gudeg Yu Djum. Rasanya gurih manis dan nikmat disantap dengan nasi panas yang pulen. Jika masih kurang, Gudeg Yu Djum tersedia dalam kemasan kaleng, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh. Gudeg Yu Djum dapat ditemukan di Jalan Wijilan no 167, Kota Yogyakarta.

Kabar baiknya, tak perlu bingung liburan ke Yogyakarta. Sebab, kini ada banyak pilihan transportasi darat yang nyaman dan aman untuk dicoba, seperti Bus Damri. Ada berbagai tipe dan kelas bus Damri yang bisa dipilih. Mulai Bisnis AC Non Toilet, Eksekutif Toilet hingga Royal Executive. Tinggal tentukan tanggal yang pas untuk liburan dan beli tiket bus Damri menuju Yogyakarta via Traveloka. Selamat berwisata kuliner di Kota Gudeg.