Seniman Bali Perkenalkan Gamelan Jegog di Amerika Serikat

0
744

Seorang seniman asal Jembrana Bali yang sedang menempuh studi Doktoral di Santa Cruz Amerika, I Gede Okta Artha Negara, memperkenalkan Gamelan Jegog asal Bali yang terbuat dari Bambu.

Gamelan yang dikenal sangat dinamis itu dimainkan dengan cara berdiri. Pada tahun 2013, seniman asal Bali itu membuat perkumpulan yang memainkan Gamelan Jegog di Santa Cruz dengan nama perkumpulan ‘Artha Negara’. Para pemaian tidak hanya memainkan instrumen saja namun beberapa di antaranya juga berjoget.

Artha menjelaskan asal muasal perkumpulan itu ia beri nama yang sama dengan dirinya karena arti dari nama itu cukup mendalam.

 

“Artha Negara karena gamelan ini ada di Negare, yaitu Bali bagian barat. Lalu, Artha adalah hartanya negara. Kebetulan saya juga nama saya Artha Negara,” ucapnya, Senin (20/3/2017).

Salah satu pemain gamelan Jegog asal Amerika, Adrian James Warlick mengatakan bahwa bermain gamelan sangat menyenangkan ketika dimainkan secara bersama-sama.

“Saya suka alat musik perkusi, jadi dapat bermain gamelan jegog sambil berdiri seru banget. Semua anggotanya main bersama, itulah yang paling saya suka, main gamelan bersama-sama,”ungkapnya.

Sementara itu, anggota perkumpulan gamelan Jegog yang lainnya, Amanda Rose Love Land juga mengungkapkan bahwa permainan musik gamelan seperti itu memiliki suasana kesukuan di suatu pulau.

“Buat saya, gamelan jegog memiliki suasana kesukuan sebuah pulau. Musiknya tidak ada nada elemen perkusi metal, pokoknya suasananya seperti di Bali,” Kata Amanda.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55190/seniman-bali-perkenalkan-gamelan-jegog-di-amerika-serikat#ixzz4bpuCi75J