Friday, January 28, 2022
Home KESEHATAN Sering Makan Burger, Ini Risikonya

Sering Makan Burger, Ini Risikonya

Bukan rahasia lagi, terlalu sering mengonsumsi junk food bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah burger.

Tahukah kamu jika dalam seminggu kamu mengonsumsi burger 3 kali atau lebih dapat meningkatkan risiko sakit asma.

Para peneliti Tiongkok menemukan, junk food dikaitkan dengan kondisi paru kronis. Kondisi tersebut melanda sekitar lima juta orang di Inggris.

Dikutip laman New York Post, pada hari Minggu (8/7) seringnya mengonsumsi burger juga dapat meningkatkan risiko mengi, alergi seperti demam serta alergi rhinitis.

“Dalam dekade terbaru ini, makanan cepat saji jadi komponen penting pola makan, terutama di negara-negara yang mengadopsi gaya hidup Barat dan berpendapatan tinggi. Konsumsi makanan cepat saji itu dikaitkan dengan kualitas makan yang buruk, asupan kalori tinggi, kelebihan berat badan serta obesitas pada anak-anak dan dewasa. Obesitas adalah risiko mandiri untuk asma dan sensitisasi alergi,” ungkap para peneliti dari Sichuan University mengatakan,

Kualitas makan atau diet yang salah justru memicu penyakit asma. Terlebih mengonsumsi makanan berkalori tinggi sangat berpotensi menimbulkan penyakit asma. Ya, meskipun penulis utama studi Dr Gang Wang mengatakan hal ini masih memerlukan studi lebih lanjut.

“Contohnya, asam lemak jenuh bisa mengaktifkan reseptor yang memicu pelepasan kimiawi pro-inflamasi yang menyebabkan masalah peradangan kronis di saluran napas,” jelas mereka.

Makanan tinggi lemak memperparah peradangan pada asma. Ditambah lagi, konsumsi makanan cepat saji akan mengurangi konsumsi makanan yang kaya kandungan nutrisi baik seperti sayuran dan buah-buahan.

Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak zat kimia yang mengandung antioksidan dan antiperadangan. Kurangnya asupan buah dan sayur akan berdampak pada prevalensi asma.

 

Sumber : Sering Makan Burger, Ini Risikonya
Sering Makan Burger, Ini Risikonya
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments