Thursday, December 9, 2021
Home Jitu News Setelah Rapat Dengar Pansus Angket KPK, Novel Baswedan Dilaporkan ke Bareskrim

Setelah Rapat Dengar Pansus Angket KPK, Novel Baswedan Dilaporkan ke Bareskrim

Saksi kasus suap perkara Pilkada atas terpidana Akil Mochtar, Niko Panji Tirtayasa (Miko) mendatangi Bareskrim untuk melaporkan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, atas dugaan penyalahgunaan wewenang saat pemeriksaan dan pemaksaan untuk memberikan keterangan palsu.

Tindakan tersebut merupakan langkah lanjut Miko usai menghadiri Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket KPK, d Gedung DPR, Selasa (25/7). Dalam keterangannya di depan Pansus, Niko mengaku dipaksa memalsukan identitas selama menjadi saksi untuk terpidana Akil Mochtar.

Kuasa hukum Niko, Ria Kusmawati, berharap dengan adanya laporan tersebut, kejadian serupa tidak akan terulang kembali. Selain itu, langkah tersebut diambil bukan untuk menjatuhkan KPK, melainkan untuk membersihkan KPK.

“Di sini sebagai terlapor adalah Novel Baswedan, selanjutnya kami menyerahkan kepada pihak yang berwajib supaya tidak ada lagi Niko selanjutnya,” kata Ria, di Gedung Bareskrim, Selasa (25/7).

Ditanya soal pengakuan yang baru dibuat sekarang, Ria mengaku kliennya masih mendapat tekanan dari KPK hingga bulan Maret 2017.

“Kita mengalami tekanan hingga Maret 2017, jadi bukannya sengaja ada Hak Angket atau apa, mungkin ini jalannya Tuhan,” ujarnya.

Sementara itu, Niko sendiri mengaku lega telah mengungkapkan segalanya di Pansus Angket KPK. Ia pun mengaku apa yang dilakukannya tersebut bukan sengaja bermaksud menyerang seseorang atau institusi tertentu.

“Saya bukan dendam kepada seseorang atau ingin menjatuhkan institusi tertentu tetapi ingin keadilan untuk semua,” ujarnya.

 

 

Sumber : Setelah Rapat Dengar Pansus Angket KPK, Novel Baswedan Dilaporkan ke Bareskrim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments