Wednesday, July 28, 2021
Home Nasional Siapa Cawapres Penolong Jokowi?

Siapa Cawapres Penolong Jokowi?

Sejumlah nama muncul sebagai bakal kandidat calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo dinilai belum ada yang mampu mendongkrak elektabilitas.

Mereka adalah Muhaimin Iskandar, Gatot Nurmantyo, Mahfud MD, Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Baswedan.

Lalu siapa yang bakal menolong Jokowi mendongkrak elektabiilitas?

Berdasarkan hasil survei terakhir Charta Politika, tak ada satu pun nama bakal cawapres yang bisa mendongkrak elektabilitas Jokowi lebih tinggi. Alasannya…

Sebab Jokowi membutuhkan sosok yang bisa menangkalnya dari isu anti-Islam.

“Tak ada satu pun nama cawapres yang bisa dongkrak Jokowi menjadi jauh lebih tinggi ketika dipasangkan dengan yang lain,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya di kawasan Senayan, Jakarta, pada hari Rabu (6/6).

Menurutnya, hanya faktor tingkat kepuasan publik yang bisa mendongkrak elektabilitas Jokowi sebagai incumbent.

“Untuk Jokowi, nama yang muncul Gatot, AHY, Anies, dan Mahfud MD. Lalu Muhaimin dan di Jawa Barat, Susi Pudjiastuti. Tapi mereka pada tataran yang sama. Belum jadi sosok yang bisa dongkrak Jokowi,” kata Yunarto.

Dalam Survei Charta Politika, posisi bakal cawapres tertinggi bagi Jokowi di Banten ditempati Gatot Nurmantyo 5,5 persen, disusul Anies Baswedan 5,4 persen, dan AHY 3,8 persen.

Sedangkan di Jawa Barat, Gatot juga menempati urutan teratas menjadi cawapres Jokowi 10,9 persen, disusul AHY 8,1 persen, dan Susi Pudjiastuti 3,8 persen.

Untuk Jawa Tengah, Gatot diminati 7,2 persen responden, disusul Mahfud MD 6,3 persen, dan Anies Baswedan 5,2 persen. Lalu di Jawa Timur, Gatot masih memenangkan suara sebagai cawapres Jokowi 8,9 persen, AHY 7,7 persen, dan Muhaimin Iskandar 6,6 persen.

Survei ini dilakukan pada 23-29 Mei 2018 melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terstruktur. Sampelnya di Banten 800 responden, Jawa Barat 1.200 responden, Jawa Tengah 1.200 responden, dan Jawa Timur 1.200 responden. Tingkat kepercayaan 95 persen dengan metode acak bertingkat.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung memastikan Jokowi sudah memiliki ancang-ancang siapa yang akan dia pilih sebagai cawapresnya nanti. Sebab, pendaftaran secara resmi calon presiden dan calon wakil presiden, akan dimulai pada awal Agustus 2018.

“Cawapres Pak Jokowi yang tahu adalah Pak Jokowi dan partai pendukung. Dan sekarang tentunya beliau sudah punya ancer-ancer,” kata Pramono, ditemui di kantornya, [ada hari Rabu (6/6). Namun, dia enggan membeberkan siapa orang yang dimaksud.

Sumber : Siapa Cawapres Penolong Jokowi?
Siapa Cawapres Penolong Jokowi?
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments