Siapkah Palangka Raya Menjadi Ibu Kota Negara?

0
553

Kabar akan dipindahkannya ibu kota negara dari Jakarta ke Palangka Raya oleh Presiden Jokowi ternyata bukan kabar burung semata.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penelitian dan Pengmbangan (Litbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dodi Riyadmaji mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah mewacanakan hal tersebut dalam kunjungan kerja di Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 20 Desember 2016 lalu.

Ditemui ketika Rakornas Kemendagri, Swiss Belhotel Danum, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (15/3/2017) malam, Dodi mengatakan bahwa wacana Jokowi tersebut berdasarkan pertimbangan lokasi kota Palangka Raya yang dinilai cukup aman dari risiko bencana.

 

“Hal ini pula tentunya terkait dengan letak Kota Palangka Raya yang dinilai miskin ancaman bahaya kebencanaan,” ujar Dodi, seperti dilansir JPNN.

Namun, realisasi wacana pemindahan ibu kota negara ini tidaklah mudah. Menurut Dodi, masih ada banyak hal yang harus dikaji terlebih dahulu. “Untuk itu, saya berharap Badan Litbang dapat menyumbangkan buah pikirannya dalam rangka hal tersebut,” katanya lagi.

Hal-hal tersebut berkaitan dengan kesiapan Palangka Raya sendiri menjadi pusat pemerintahan, kesiapan para aparat pemerintahan untuk pindah dari Jakarta, dan kemungkinan-kemungkinan migrasi penduduk yang ingin mencari nafkah di ibu kota.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55054/siapkah-palangka-raya-menjadi-ibu-kota-negara#ixzz4bYETGMWh