Friday, September 24, 2021
Home Nasional Sidang Ahok, Jaksa Keberatan Ada Saksi di Luar Berkas Perkara

Sidang Ahok, Jaksa Keberatan Ada Saksi di Luar Berkas Perkara

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Sidang lanjutan kasus dugaan penodaan agama yang menyeret nama Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), kembali digelar di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, hari ini, Selasa, tanggal 7 Maret 2017.

Agenda sidang kali ini adalah mendengarkan saksi yang meringankan Ahok. Tiga saksi yang dihadirkan adalah Analta Amier selaku kakak angkat Ahok, Eko Cahyono selaku mantan mitra Ahok di Pilgub Babel, dan Bambang Waluyo, politikus Partai Golkar, yang hadir ketika Ahok berpidato di Kepulauan Seribu.

Jaksa Penuntut Umum (JPU), Ali Mukartono, sempat mempertanyakan status Bambang Waluyo yang namanya tidak ada dalam berkas perkara.

 

“Seharusnya, saksi yang dihadirkan adalah yang ada di dalam berkas perkara,” kata Ali.

Setelah mempertimbangkan pernyataan keberatan Ali, Majelis Hakim yang diwakili Hakim Ketua Dwiarso Budi Santiarto memutuskan untuk tetap memeriksa Bambang karena Bambang sudah terlanjur hadir dalam persidangan.

“Namun, majelis sudah pertimbangkan, karena hari ini sudah terlanjur hadir, maka akan kami periksa saksi ketiga,” kata Dwiarso.

Dwiarso kemudian mengingatkan kuasa hukum untuk tidak menghadirkan saksi di luar berkas perkara tanpa persetujuan pengadilan, dan sebaiknya memprioritaskan (kehadiran) saksi yang namanya sudah ada dalam berkas perkara.

Dwiarso juga mengatakan bahwa pihak terdakwa diperbolehkan menghadirkan saksi tambahan jika seluruh saksi dalam berkas telah selesai diperiksa.

“Ini biar jadi pembelajaran bagi masyarakat. Besok hadirkan saksi meringankan yang sudah ada di kertas,” tambah Dwiarso.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/54428/sidang-ahok-jaksa-keberatan-ada-saksi-di-luar-berkas-perkara#ixzz4acGuBti0

Most Popular

Recent Comments