Tuesday, August 3, 2021
Home Nasional Sidang di Tipikor Digelar, KPK: Gugurkan Praperadilan Fredrich

Sidang di Tipikor Digelar, KPK: Gugurkan Praperadilan Fredrich

Jaksa KPK akan membacakan dakwaan kasus dugaan menghalangi penyidikan kasus e-KTP yang dilakukan oleh Fredrich Yunadi pada hari Kamis (8/2) di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Pembacaan dakwaan tersebut mendahului sidang praperadilan yang diajukan oleh Fredrich ke Pengadilan negeri Jakarta Selatan. Sidang prpaeradilan yang digelar pada Senin (5/2) ditunda hingga Senin (12/2) karena KPK tidak hadir.

Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah mengatakan, sidang kasus Fredrich di Pengadilan Tipikor akan menggugurkan gugatan praperadilan.

“Jadi besok (hari ini) setelah sidang dibuka, sesuai dengan ketentuan di KUHAP dan juga putusan MK, dan kalau kita baca juga putusan praperadilan sebelumnya, ketika persidangan sudah dimulai, ditandai dengan dibukanya persidangan oleh majelis hakim, maka tentu proses praperadilan akan gugur,” ujar Febri Diansyah di Gedung KPK, pada hari Rabu (7/2).

Febri berharap semua pihak yang terkait kasus dugaan merintangi penyidikan tersebut mau menghormati proses hukum.

“Semoga besok persidangannya berjalan dengan baik. Pengadilan sudah memanggil jaksa penuntut umum KPK untuk menghadirkan terdakwa. Jadi besok kita akan hadir di persidangan, membawa terdakwa. Kita harap semua pihak kooperatif dengan proses persidangan ini,” katanya.

Febri enggan membeberkan fakta yang akan diuraikan oleh penuntut umum dalam dakwaannya. Isi dakwaan dari Fredrich dapat menjelaskan sejumlah peristiwa yang terjadi pad a15 November 2017, yakni tentang kecelakaan yang menimpa Setya Novanto.

“Kita dengar bersama-sama besok dakwaannya. Kita akan uraikan semua hal yang relevan dengan dugaan perintangan atau menghalangi penanganan kasus e-KTP ini,” kata Febri.

 

 

Sumber : Sidang di Tipikor Digelar, KPK: Gugurkan Praperadilan Fredrich
Sidang di Tipikor Digelar, KPK: Gugurkan Praperadilan Fredrich
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments