Friday, October 22, 2021
Home Nasional Sidang E-KTP ke-17, KPK Hadirkan Andi Narogong

Sidang E-KTP ke-17, KPK Hadirkan Andi Narogong

Sidang lanjutan kasus dugaan korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) akan kembali digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta pada hari Senin, tanggal 29 Mei 2017. Dalam sidang ke-17 ini, Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menghadirkan pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Ia diduga pernah melakukan sejumlah pertemuan dengan pejabat Kementerian Dalam Negeri, anggota DPR, dan pengusaha untuk membahas anggaran proyek e-KTP senilai Rp 5,9 triliun. Andi diduga membagikan uang kepada pejabat Kemendagri dan anggota DPR untuk memuluskan anggaran dan menjadi pelaksana proyek e-KTP.

Andi adalah orang yang berada di balik Konsorsium Perusahaan Umum Percetakan Negara Republik Indonesia (Perum PNRI). Konsorsium itu terdiri atas Perum PNRI, PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo Persero), PT LEN Industri (persero), PT Quadra Solution, dan PT Sandipala Arthaputra.

Dalam persidangan dua terdakwa mantan pejabat Kemendagri, Irman dan Sugiharto, nama Andi disebut-sebut sebagai orang dekat Ketua DPR RI, Setya Novanto.

Selain Andi, menurut Humas Pengadilan Tipikor, Johanes Priyana, juga akan menghadirkan mantan bos kedua terdakwa yakni Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh.

“Ruddy Indrato Raden (pensiunan PNS Dukcapil Kemendagri) dan Bambang Supriyanto (Kepala Seksi Pemeliharaan dan Pengamanan Data Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri),” ujar Humas Pengadilan Tipikor, Johanes Priyana saat dikonfirmasi, Minggu, 28 Mei 2017.

“Kusmihardi (Staf Subbag Rumah Tangga dan BUMN Bagian Umum Setditjen Dukcapil) dan Sukoco (Kepala Seksi Penyajian Informasi Administrasi Kependudukan Direktorat Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Kemendagri,” sambung Yohanes.

Dalam perkara ini, KPK telah mendakwa Irman dan Sugiharto melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama. Banyak pihak yang disebutkan dalam dakwaan tersebut termasuk Andi Narogong yang akan dihadirkan sebagai saksi.

 

Sumber : Sidang E-KTP ke-17, KPK Hadirkan Andi Narogong
Sidang E-KTP ke-17, KPK Hadirkan Andi Narogong
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments